by

Tips Jitu Merawat Kesehatan Mulut Agar Tidak Mudah Sakit Gigi

Merawat Gigi Dan Gusi Untuk Mencegah Derita Sakit Gigi

Obat sakit gigi banyak sekali macamnya. Namun harus disesuaikan dengan kondisi sakit yang diderita. Ada kalanya masalah sakit gigi bukan hanya gigi berlubang, namun bisa jadi karena faktor yang lain. Rajin merawat kesehatan dan kebersihan gigi dan gusi adalah cara terbaik untuk menangkal penderitaan yang dialami karena sakit gigi.

Sakit gigi adalah hal yang sangta mengganggu, tidak nyaman, dan menimbulkan efek samping seperti sakit kepala, cenat cenut sepanjang hari dan sulit tidur. Bahkan dalam beberapa kasus, sakit gigi adalah awal mula dari gejala penyakit yang lebih berat seperti stroke dan sakit jantung.

Jika Anda kurang suka dengan obat sakit gigi saat gusi sudah mulai membengkak, entah itu tidak tahan dengan rasanya atau bahkan malas ke dokter gigi. Maka Anda harus rajin merawat kesehatan gigi dan gusi Anda. Berikut adalah tips merawat gigi yang baik dan benar:

  1. Berkumur setiap habis makan

Berkumur sehabis makan sanga vital sekali untuk menjauhkan kotoran yang menempel pada gigi. Kotoran tersebut akan terbentuk menjadi asam dan menimbulkan karang gigi, gigi berlubang dan pembengkakan gusi yang menjadi dalam utama sakit gigi.

  1. Sikat gigi secara rutin

Dalam sehari, minimal Anda harus menggosok gigi 2 kali sehari, yakni setelah makan dan sebelum tidur. Namun lebih baik untuk melakukannya lebih dari itu. Dan setelah Anda menggosok gigi sebelum tidur, usahakan untuk tidak mengkonsumsi apapun dan benar-benar tidur setelah itu.

  1. Gunakan sikat gigi yang baik

Sikat gigi yang baik adalah yang ujungnya berbentuk mengecil, gunanya agar dapat menjangkau seluruh bagian yang sulit dijangkau oleh sikat gigi yang berujung besar atau sama dengan pangkalnya. Menyikat gigi dengan lembut namun telaten adalah lebih baik, daripada menyikat keras-keras. Karena akan menimbulkan infeksi akibat gusi berdarah.

  1. Kurangi manis dan panas

Kurangi makan yang manis dan panas. Namun jika memang hobby, maka pastika Anda selalu berkumur setelah makan.

  1. Gunakan dental floss

Dental floss alias benang gigi, berfungsi untuk membersihkan sela-sela gigi yang merupakan bagian yang paling sulit dijangkau sikat gigi untuk membersihkan kotoran yang tersisia. Lakukan seminggu sekali secara rutin untuk pencegahan sakit gigi.

  1. Konsultasi gigi 6 bulan sekali

Periksakan kesehatan gigi dan gusi ke dokter gigi Anda 6 bulan sekali. Dan sekalian untuk melakukan pembersihan karang gigi agar selalu sehat dan terhindar dari derita sakit gigi.

Jika Anda rajin dalam melakukan 6 hal diatas, maka kesehatan gigi dan gusi Anda akan lebih terjamin, serta aman dari segala gangguan penyakit pada gigi dan mulut.

obat sakit gigi

Obat sakit gigi herbal tradisonal

Banyak sekali resep warisan orang tua untuk mengobati sakit gigi. Bahan utama yang digunakan juga mudah ditemukan dan dibuat. Kebanyakn seperti yang kita tahu, bahwa resep warisan herbal obat sakit gigi adalah tidak jauh dari garam. Namun masih banyak juga bahan yang lain, contohnya:

  • Menempelkan minyak cengkeh dengan cara digigit menggunakan kapas
  • Mengkompres dengan kain yang dingin
  • Menggunakan minyak tempurung kelapa tua, dapatkan dengan cara dibakar dan ambil minyak dengan kapas
  • Pasta bawang putih, cengkeh dan garam. Ulek bahan tersebut hingga menjadi pasta dan tempelkan ke gigi yang sakit
  • Cara alami menggunakan merica dan garam, ulek keduanya dan tambahkan beberapa tetes air hinga menjadi pasta
  • Semua resep pasta diatas dapat ditambah dengan minyak zaitun, jika pasta yang dihasilkan terlalu kering

Demikan ulasan obat sakit gigi dan pencegahannya. Semoga bermanfaat.

News Feed