Mencari tahu seputar spesifikasi Lenovo S580i tentu penting sebelum memutuskan untuk membelinya, sehingga dipastikan dulu cocok atau tidak. Setiap orang memiliki kebutuhan tersendiri saat membahas masalah smartphone dan bisa jadi spesifikasi dari Lenovo S580i ini sudah sesuai. Lenovo memang sudah menjadi perusahaan pembuat perangkat smartphone berkualitas, dan tipe S580i ini dirilis secara resmi pada September 2014 yang mewarnai segmen pasar kelas menengah.

Spesifikasi dari Lenovo S580i Secara Detail

  • Spesifikasi dari aspek jaringan,

Lenovo S580i memang dibuat untuk bersaing di pasaran smartphone kelas menengah sehingga dibandrol dengan harga Rp 1jutaan. Meski harganya lumayan terjangkau namun spesifikasi Lenovo S580i tidak bisa dianggap remeh. Dimulai dari aspek jaringan yang memang dibuat di jaringan HSDPA+ atau 3G. Menariknya adalah dual sim di dalamnya bisa masuk ke jaringan 3G.

Penggunanya bisa mengaktifkan dua simcard sekaligus di jalur GSM, dan masing-masing bisa dipakai untuk kebutuhan internet. Sebab keduanya sudah mendukung jaringan 3G yang tentunya memberikan kecepatan akses internet yang cepat dan bebas lelet. Apabila berada di tempat yang menyediakan WiFi gratis maka Anda bisa memanfaatkanya. Pasalnya pada Lenovo S580i ini dilengkapi konektifitas WiFi 802.11 a/b/g/n yang mampu terhubung dengan cepat.

Kegiatan transfer data dari smartphone buatan Lenovo ini dengan perangkat lain juga terasa mudah karena ditunjang fitur Bluetooth. Kemudian tersedia pula slot MicroUSB v2.0 yang bisa dihubungkan ke perangkat komputer atau apapun memakai kabel data. Kabel data ini nantinya akan didapatkan langsung bersama paket penjualan, yakni sekaligus difungsikan sebagai kabel charger untuk pengisian daya.

  • Spesifikasi dari aspek layar,

Merujuk pada spesifikasi Lenovo S580i di bagian layar Anda akan bertemu dengan layar berteknologi IPS LCD capasitive touchscreen dengan kemampuan 16juta warna. Layar IPS LCD ini akan mampu menghasilkan tampilan yang jernih dan terang. Kemudian juga lebih responsif karena mempergunakan teknologi baru untuk meningkatkan performa layar. Jadi, tak hanya kualitas tampilan yang semakin nyaman di mata namun juga kinerja layarnya bebas lemot.

Dimensi layar pun dibuat lebih maksimal dengan ukuran 5.0 inchi sehingga terkesan lapang, pemakaianya untuk menonton video, streaming, sampai bermain game dijamin nyaman. Dilihat dari dimensinya Lenovo S580i ini juga termasuk tipis yakni 139.8×69.9×8.1mm dengan berat hanya 129gram saja. Spesifikasi dari Lenovo S580i ini tak pelak menjadikanya tipis dan juga ringan sehingga memberi kenyamanan ekstra saat menentengnya.

  • Spesifikasi dari aspek audio,

Kenyamanan memakai Lenovo S580i semakin terasa sewaktu melirik spesifikasi audio yang disediakan. Pada produk Lenovo ini mempergunakan 3.5 jack audio yang tentunya bisa dengan mudah dihubungkan dengan perangkat audio tambahan. Misalnya dengan headphone yang Anda beli di toko aksesoris handphone. Kemudian jack audio tipe ini juga terasa nyaman karena tidak berukuran terlalu besar sehingga tidak mempengaruhi desain dari Lenovo S580i itu sendiri.

Untuk kebutuhan ringtone, spesifikasi Lenovo S580i dilengkapi dengan ringtone jenis WAF Ringtone yang dijamin lebih jernih. Beberapa pilihan nada di dalamnya bisa dipilih untuk memberi tanda adanya panggilan masuk, SMS, maupun lewat aplikasi pesan instan. Tanpa perlu aplikasi tambahan pilihan anda yang tersedia dijamin cocok dengan selera penggunanya karena memang cukup lengkap.

  • Spesifikasi dari aspek dapur pacu,

Mendukung kinerja dari smartphone yang didesain berukuran 5.0 inchi ini maka Lenovo menanamkan prosesor handal. Adapun prosesor yang dipilih adalah Quad Core 1.2 Ghz yang kemudian bekerjasama dengan RAM sebesar 1GB. Pada dasarnya dengan kombinasi prosesor dan RAM tersebut smartphone satu ini dirancang untuk kegiatan sederhana.

Meski begitu kegiatan multitasking dijamin tanpa keluhan karena kombinasi keduanya membentuk efisiensi penggunaan ruang penyimpanan sementara. RAM yang memang lumayan lapang ini akan mampu menampung lebih banyak aplikasi namun usahakan lebih selektif. Sehingga Anda tidak menyia-nyiakan sisa RAM untuk cache yang berlebihan, usahakan rajin dibersihkan agar kinerja prosesor tetap maksimal.

  • Spesifikasi dari aspek ruang penyimpanan,

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa di dalam spesifikasi Lenovo S580i disematkan RAM sebesar 1GB. Sedangkan untuk memori atau ruang penyimpanan internalnya sendiri disediakan ruang sebesar 8GB. Anda tentunya bisa menyimpan lebih banyak data penting seperti aneka jenis dokumen, foto, sampai video dalam jumlah cukup banyak disini.

Akan tetapi jika Anda  merasa ruang penyimpanan internal ini masih sangat terbatas bisa menambahkan kartu memori eksternal. Sebab pada bagian samping bodynya dilengkapi oleh slot MicroSD dengan kapasitas maksimal 32GB. Artinya Lenovo S580i ini mendukung kebutuhan Anda untuk memiliki perangkat penyimpanan data yang aman dan kapasitasnya besar. Tentunya dengan catatan semua data ditransfer dulu ke memori eksternal agar kinerja prosesor ringan.

  • Spesifikasi dari aspek kamera,

Selanjutnya adalah melirik spesifikasi Lenovo S580i dari segi fotografi yang mana oleh Lenovo memilih lensa 8MP pada kamera utamanya. Lensa kamera utama ini memiliki resolusi 3264×2448 pixel yang akan mampu menghasilkan foto yang terlihat bening. Pada saat membidik obyek di tempat yang cahayanya minim Anda dapat mengaktifkan fitur LED Flash. Kemudian disediakan pula fitur pengaturan mode sehingga memotret saat gelap tak lagi menjadi masalah.

Kamera utama ini juga ditunjang oleh fitur lainya untuk memaksimalkan hasil memotret, dan bisa diaktifkan sesuai kebutuhan. Dimulai dari fitur GEO tagging, autofocus, dan juga panorama yang akan membantu memotret di ruang terbuka tanpa resiko silau ataupun pecah. Sedangkan untuk kamera depan pengguna dimanjakan oleh lensa dengan resolusi 2MP. Tentunya sangat mencukupi untuk kebutuhan selfie maupun video call.

Apabila merasa fitur kamera depanya terlalu standart maka Anda bisa melakukan sedikit pengaturan untuk mengaktifkan beberapa fitur fotografinya. Kemudian bisa pula diakali dengan mempergunakan aplikasi gratis maupun berbayar untuk proses editing foto. Meskipun tanpa aplikasi tambahan pun sebenarnya kamera depan pada Lenovo S580i ini sudah cukup baik, asalkan dipakai memotret di tempat yang cahayanya cukup.

  • Spesifikasi dari aspek baterai,

Ketangguhan dari spesifikasi Lenovo S580i semakin terlihat ketika melirik sektor baterai yang tertanam di dalamnya. Kali ini Lenovo mencoba menawarkan smartphone kelas menengah dengan  baterai yang efisien berkapasitas 2150 mAh. Melirik kembali jenis prosesor yang digunakan tentunya baterai dengan kapasitas 2000-an mAh ini sudah lebih dari cukup. Sedikit pengaturan seperti meredupkan pencahayaan layar bisa menjadikanya lebih tahan lama.

Sebagai salah satu smartphone yang direncanakan masuk ke jajaran kelas menengah, tentunya spesifikasi yang dihadirkan sudah dikatakan baik. Anda yang memang membutuhkan smartphone tangguh namun harganya efisien sangat cocok mempergunakan produk Lenovo satu ini. Apalagi melihat pada harganya yang menarik tentunya tidak sulit untuk memboyongnya pulang. Namun, sebelum membelinya cek dulu detail spesifikasi Lenovo S580i seperti apa sehingga bisa menimbang baik tidaknya digunakan untuk kesibukan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here