Kemajuan teknologi di jaman sekarang sudah semakin maju dan canggih. Banyak produsen barang elektronik khususnya di bidang telekomunikasi saling bersaing meluncurkan inovasi-inovasi yang kreatif dan canggih. Salah satu produsen atau pabrikan alat komunikasi yang sudah mempunyai nama besar adalah Samsung.

Produsen elektronik asal Korea Selatan tersebut baru-baru ini meluncurkan handphone terbaru bernama Samsung Galaxy J8. Lalu, fitur apa saja yang ditawarkan ponsel Galaxy J8 ini? Mari kita simak ulasannya.

Seluk-beluk Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy J8

Jika ingin membeli smartphone baru biasanya setiap orang memiliki pakem sendiri alias punya standar pemilihan sendiri. Ada yang mengutamakan kamera, ada pula yang mengutamakan sistemnya dan ada pula yang mengutamakan harganya. Setiap smartphone juga memiliki spesifikasinya masing-masing.

UMUM
Harga Rp 3,9 jutaan (4GB RAM / 64GB ROM)
Diperkenalkan Mei 2018
Status Rilis
JARINGAN
Teknologi GSM / HSPA / LTE
SIM Nano Dual SIM
Koneksi 4G / 3G / 2G / GPRS / Edge
Kecepatan HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE 150/50 Mbps
DESAIN
Dimensi
Berat
Build Bodi plastik
Warna Hitam, Gold, Biru
LAYAR
Jenis Super AMOLED, layar sentuh kapasitif 16 juta warna
Ukuran 6.0 inci
Resolusi 1480 x 720 piksel
Rasio 18.5:9
Kerapatan Piksel 274 ppi
Perlindungan N/A
PLATFORM
OS Android Oreo 8.0 (Samsung Experience 9.0)
Chipset Qualcomm Snapdragon 450
CPU Octa-core 1.8 GHz Cortex-A53
GPU Adreno 506
RAM 4 GB
PENYIMPANAN
Internal 64 GB
Ekspansi Ya, microSD hingga 256GB (slot khusus)
KAMERA UTAMA
Sensor Dual: 16MP + 5 MP
Lensa f/1.7 + f/1.9
Fitur Hardware LED Flash, autofokus
Fitur Software Geo-tagging, sentuh fokus, deteksi wajah, HDR, panorama
Video 1920 x 1080 Full HD
KAMERA DEPAN
Sensor 16 MP
Lensa f/1.9
Fitur LED Flash
Video N/A
SUARA
Jenis Alert Vibrasi, MP3, WAV ringtones
Loudspeaker Ya
3.5mm jack Ya
KONEKTIVITAS
WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, WiFi Direct, hotspot
Bluetooth 4.2, A2DP, LE
USB microUSB 2.0
Radio Radio FM
GPS A-GPS, GLONASS, BDS
BATERAI
Kapasitas 3500 mAh
Jenis Non-removable Li-Ion
FITUR
Keamanan Face unlock, fingerprint (belakang ponsel)
Sensor Accelerometer, proximity
Pemutar Musik MP3/WAV/eAAC+/FLAC player
Pemutar Video MP4/H.264 player
Lainnya Browser HTML 5
Photo/video editor
Document viewer

 

Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Samsung J4 2018

Yang jelas, semakin canggih fitur yang ditawarkan tentu harganya pun tidak murah. Samsung sendiri memahami kebutuhan dan kemampuan konsumennya. Oleh karena itu, Samsung banyak mengeluarkan produk yang bervariasi dalam hal spesifikasi, fitur dan harga tentu saja. Nah kalau untuk Samsung Galaxy J8 ini seperti apa dan apa saja keunggulannya? Berikut penjelasannya.

  1. OS dengan Android Oreo

Samsung Galaxy J8 ini sejatinya akan diluncurkan pada Juli 2018 tapi sudah diumumkan pada Mei 2018. Keunggulan yang pertama dari Samsung Galaxy J8 ini adalah pemakaian platform OS yang sudah paling baru yaitu Android 8.0 Oreo. Kenapa dinamai Oreo? Ada 2 hal, yang pertama karena memang sesuai abjad, Google meluncurkan OS terbarunya dan yang kedua Google memang menggandeng perusahaan atau produk Oreo.

Keunggulannya adalah Anda bisa membuka 2 aplikasi secara bersamaan tanpa harus menutup aplikasi satu sama lain. Selain itu, penghematan baterai yang semakin baik.

Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy J5 (J5 Pro, J5 Prime, J5 2016)

  1. Chipset canggih Snapdragon 450

Keunggulan yang kedua adalah penanaman chipset yang canggih yaitu menggunakan snapdragon 450 yang sama dengan Samsung Galaxy J6 Plus. Nilai plus dari chipset snapdragon 450 ini adalah mampu memperpanjang umur baterai.

Jadi bayangkan saja chipset ini diduetkan dengan OS 8.0 Oreo maka baterai handphone J8 Anda akan sangat irit. Baterai yang digunakan pun adalah Li-Ion 3500 mAh jadi Samsung benar-benar memikirkan keawetan daya pada produk barunya ini.

  1. Dibekali kamera mumpuni

Kamera yang dimiliki Galaxy J8 ini jelas tidak mengecewakan. J8 mengusung kamera utama dengan resolusi 16 megapixel plus 5 megapixel lagi yang autofocus serta dilengkapi dengan flash LED. Selain itu ada juga fitur lain seperti touch focus, face detector, geo-tagging, HDR dan panorama.

Nah, untuk kamera sekundernya, J8 memakai kamera dengan resolusi 16 megapixel ditambah dengan flash LED. Jelas sekali bagi Anda yang suka mengabadikan momen atau berselfie ria, tidak akan menyesal membeli handphone yang satu ini.

Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy J2

  1. Storage yang besar

Keunggulan yang keempat dari Samsung Galaxy J8 ini adalah storage yang besar. Samsung Galaxy J8 ini memiliki memori internal sebesar 64 GB. Jadi Anda tidak perlu khawatir akan kekurangan space untuk menyimpan data, foto atau video. Yang lebih kerennya lagi, Samsung Galaxy J8 ini juga memfasilitasi penambahan memori eksternal sampai 256 GB. Jadi Anda tidak perlu pusing lagi jika ingin menyimpan data dengan jumlah besar dan banyak.

  1. Layar yang sudah sangat keren

Samsung Galaxy J8 memiliki lebar 6.0 inchi dengan tipe display Super AMOLED HD+. Dan yang membuat semakin keren adalah dengan sudah adanya fingerprint sensor. Ini memudahkan Anda ketika ingin mengoperasikan J8 dengan tanpa harus slide atau memasukkan kode pengaman.

  1. Canggihnya spesifikasi CPU yang diusung Samsung Galaxy J8

CPU menggunakan Octa-core 1.8 GHz Cortex-A53 serta GPU menggunakan Adreno 506. Kecanggihan tersebut didukung oleh kecepatan RAM sebesar 4 GB. Anda akan semakin dimanjakan dengan lancarnya menggunakan Samsung Galaxy J8 ini.

6. Harga yang ditawarkan untuk Samsung Galaxy J8

Lalu bagaimana dengan harganya? Kabar yang beredar, Samsung Galaxy J8 ini akan dibanderol sekitar 4 jutaan. Tidak terlalu mahal bukan? Hal ini karena Samsung ingin menyasar konsumen dari kalangan anak muda. Kenapa anak muda? Karena fitur dual kamera yang dipasang sangat sesuai dengan kebutuhan anak muda jaman sekarang.

Oleh karena itu, Samsung Galaxy J8 ini masuk kategori mid-range smartphone. Dari rangkuman spesifikasi Galaxy J8 yang baru saja Anda simak, apakah tertarik untuk memilikinya? Jika Anda adalah seorang yang suka mengabadikan momen, membuat video atau melakukan vlog, Samsung Galaxy J8 ini sangat pas untuk dimaksimalkan.

Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy J6

Setelah menyimak ulasan di atas mengenai Samsung Galaxy J8, bagaimana menurut Anda? Apakah bagus atau mungkin malah kurang bagus? Semua tergantung Anda. Yang jelas, harga yang dipatok Gakaxy J8 sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan. Demikian ulasan kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi Anda yang ingin membeli smartphone baru.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here