Jika kita membahas mengenai perkembangan gawai telepon pintar atau smartphone, maka akan ada banyak jenis dan spesifikasinya. Sampai saat ini sudah ribuan jenis smartphone diproduksi dari berbagai pabrikan smartphone. Yang terbesar saat ini salah satunya dari Samsung. Pabrik raksasa smartphone asal negeri ginseng ini rajin mengeluarkan beragam jenis smartphone setiap tahunnya. Di tahun 2015 Samsung mengeluarkan Samsung Z3 yang menjadi primadona di jamannya.

Keunggulan yang Ditawarkan Samsung Z3

Jika dibandingkan dengan smartphone sekarang, mungkin Samsung Z3 sudah banyak ketinggalan. Tapi uniknya Samsung masih memproduksi smartphone jenis ini. Kenapa demikian? Karena ternyata smartphone dengan spesifikasi seperti Z3 masih cukup diminati. Nah, berikut ini beberapa keunggulan yang dimiliki Samsung Z3.

Network 2G bands GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 – SIM 1 & SIM 2
3G bands HSDPA 900 / 2100
4G bands No
Speed HSPA 21/5.76 Mbps
GPRS Yes
EDGE Yes
BODY SIM Dual SIM (Micro-SIM, dual stand-by)
Dimension 141.6 x 70 x 7.9 mm (5.57 x 2.76 x 0.31 in)
Weight 137 g (4.83 oz)
DISPLAY Display type Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Display size 5.0 inches (~69.5% screen-to-body ratio)
Resolution 720 x 1280 pixels (~294 ppi pixel density)
Multitouch Yes
Protection No
SOUND Alert type Vibration; MP3, WAV ringtones
Loudspeaker Yes
3.5 mm jack Yes
MEMORY Internal memory 8 GB, 1 GB RAM
Card slot microSD, up to 128 GB
PLATFORM OS Tizen OS, v2.3
Chipset Spreadtrum SC7730S
CPU Quad-core 1.3 GHz
GPU Mali-400MP
COMMS WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n
Bluetooth v4.0, A2DP, LE
USB microUSB v2.0
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS
Radio FM radio
CAMERA Primary camera 8 MP, 3264 x 2448 pixels, LED flash
Features F/2.2 aperture, Geo-tagging, face detection, Wide-selfie 120˚, Beauty face mode, Dream shot, Automatic selfie, Digital zoom, Panorama, HDR
Video Yes
Secondary camera 5 MP
FEATURES Sensors Accelerometer, proximity
Messaging SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
Browser HTML
Java No
Colors Black, Silver, Gold
– MP4/H.264 player
– MP3/WAV/AAC/Flac player
– Photo viewer
– Document viewer
BATTERY Li-Ion 2600 mAh battery
Stand-by
Talk time
Music play

 

  1. Layar Super AMOLED HD

Untuk smartphone yang hadir di tahun 2015, Samsung Z3 termasuk kategori canggih. Samsung membekali Z3 dengan ukuran 5 inchi dan display menggunakan Super AMOLED HD. Spesifikasi layar ini lah yang menjadi senjata utama Z3 pada saat diluncurkan. Kejernihan dan ketajaman gambar yang dihasilkan membuat smartphone ini masih layak untuk terus beredar sampai sekarang.

Baca Juga : Daftar harga hp oppo layar sentuh harga dibawah 1,5 juta

  1. Kamera Utama 8 MP Plus LED Flash

Nah, untuk Anda yang suka berswafoto dan mengabadikan momen bersama teman atau keluarga, Samsung Z3 masih layak untuk dibahas. Kamera utama memiliki resolusi 8 MP yang sudah dilengkapi dengan lampu flash LED membuat smartphone ini masih sanggup bersaing di pasaran. Selain itu kamera sekundernya memiliki resolusi 5 MP namun tidak dilengkapi dengan lampu Flash LED.

Terbaru : HP 4g dibawah 2 juta

  1. Menggunakan OS Tizen 2.3

Anda mungkin kurang familiar dengan dapur pacu yang satu ini. Biasanya Samsung menggunakan OS Android untuk platformnya. Namun, di tipe Z3 ini Samsung memilih untuk menggunakan OS sendiri. Ya, Tizen merupakan OS buatan Samsung sendiri. Hal ini mungkin dikarenakan Samsung tidak terlalu ingin bergantung pada android milik google. Lalu apa kelebihannya? Tizen unggul dalam hal beban daya yang lebih ringan yang membuat kinerja perangkat keras tidak seberat ketika menggunakan android sebagai OS-nya. Hanya saja aplikasi yang support di smartphone ini belum selengkap yang memakai OS Android.

  1. RAM 1 GB

Sebagian dari Anda pasti kaget dengan RAM yang diusung smartphone ini. Dan mungkin sebagian dari Anda berpikir buat apa RAM hanya 1 GB. Jangan salah tangkap dulu. Z3 memang hanya memiliki RAM 1 GB saja namun seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa OS yang dipakai adalah Tizen. Jadi meski RAM hanya 1 GB, smartphone masih bisa bekerja dengan maksimal dengan didukung oleh chipset spreadtrum SC7730, CPU Quad-core 1,3 GHz Xortex A7 dan GPU Mali-400.

  1. Baterai Li-Ion 2600 mAh yang Bisa Dilepas

Untuk urusan baterai, Z3 termasuk yang memiliki ketahanan yang baik. Ini juga yang menjadi keunggulan lain jika dibandingkan dengan seri Z lain seperti Z2 atau Z4. Ditambah lagi baterainya bisa dilepas. Jadi jika mengalami kerusakan pada baterai, maka Anda bisa mengganti baterai tersebut dengan yang baru. Ketahanan baterai ini mampu digunakan untuk panggilan selama 15 jam.

  1. Memori Internal 8 GB

Keunggulan lain dari seri ini adalah memori internal yang mencapai 8 GB. Ukuran ini bisa dibilang cukup besar untuk smartphone yang hadir di tahun 2015. Mungkin ini juga yang menjadi faktor lain mengapa Z3 masih bisa bertahan sampai saat ini. Selain itu dilengkapi juga dengan slot memori ekternal sebesar 128 GB. Storage sebesar ini cukup untuk menampung foto atau video Anda.

  1. Jaringan GSM/HSPA

Ini mungkin yang menjadi salah satu ketertinggalan Samsung Z3. Smartphone ini hanya mampu menjangkau jaringan GSM atau dengan kata lain masih 3G. jika dibandingkan dengan smartphone lain sekarang yang sudah bisa menjangkau jaringan 4G, maka jelas produk ini ketinggalan. Tapi jika Anda tidak terlalu memikirkan hal tersebut, maka produk ini masih bisa beroperasi dengan baik dan lancar.

  1. Harga di kisaran 1,2 Juta Sampai 1,6 Juta Rupiah

Untuk harga baru smartphone ini dibanderol dengan harga kisaran 1,2 juta rupiah sampai 1,6 juta rupiah. Apakah harga ini kemahalan? Itu tergantung dari perspektif Anda sendiri. Yang jelas Samsung memang pada awalnya berniat untuk menjangkau kalangan menengah ke bawah. Tapi sejatinya smartphone ini masih termasuk murah.

Nah, itu tadi ulasan lengkap mengenai harga dan juga spesifikasi dari smarphone Samsung Z3. Bagi Anda yang ingin mencari smartphone murah dengan kemampuan cukup baik tidak ada salahnya mencoba yang satu ini. Untuk harga bekasnya dibanderol sekitar 800 ribuan rupiah tergantung baik tidaknya kondisi smartphone tersebut. Demikian ulasan kali ini dan semoga bisa menjadi referensi Anda mencari smartphone murah dengan kualitas baik.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here