by

Manfaat Pendidikan untuk Generasi Muda

Kemajuan suatu bangsa di masa sekarang dan masa datang akan sangat ditentukan oleh generasi muda yang akan menjadi penerus bangsa itu sendiri. Generasi muda yang berkualitas dihasilkan dari adanya sistem pendidikan yang berkualitas pula. Tidak mungkin akselerasi kemajuan bangsa dapat terwujud di masa datang tanpa didukung oleh kemajuan di bidang pendidikan.

Dalam hal ini, pendidikan merupakan investasi jangka panjang yang sangat berharga dan bernilai luhur, terutama bagi generasi muda yang akan menentukan maju mundurnya suatu bangsa.Pendidikan dapat dijadikan tolok ukur pada setiap manusia. Meskipun jenis pendidikan yang bisa kamu dapatkan tidak selalu pendidikan formal. Kamu juga bisa memperoleh fungsi pendidikan dalam pendidikan non formal. Simak sampai selesai rangkuman dari Zona Jateng berikut ini:

Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli


1. Ki Hajar Dewantara
Sebagai bapak pendidikan Indonesia, beliau pun mengemukakan mengenai arti pendidikan. Menurutnya pendidikan ialah tuntunan tumbuh dan berkembangnya karakter anak.

Oleh sebab itu pendidikan juga merupakan upaya untuk menuntun kekuatan kodrat pada diri setiap anak agar mereka mampu tumbuh dan berkembang sebagai manusia ataupun sebagai anggota masyarakat yang bisa mencapai keselamatan dan kebahagiaan hidup.

2. Gunning dan Kohnstamm
Menurut mereka pendidikan merupakan proses pembentukan dan pembangunan hati nurani, di mana seseorang mampu membentuk serta menentukan diri secara etis berdasar hati nurani mereka.

3. H.H Horne
Pendidikan merupakan alat di mana komunitas sosial mampu melanjutkan keberadaan dalam mempengaruhi diri sendiri serta mempertahankan idealism.

4. Martinus Jan Langeveld
Langeveld mengatakan bahwa membantu peserta didik agar mereka mampu mengerjakan tugas kehidupan secara mandiri dan bertanggung jawab. Menurut Langaveld, pendidikan juga upaya untuk membantu pertumbuhan anak supaya lebih dewasa.

Manfaat Pendidikan untuk Generasi Muda


Menurut Amartya sen, pemenang Nobel Ekonomi tahun 1998, manfaat pendidikan memiliki nilai intrinsik dan instrumental. Contohnya yang sederhana adalah kemampuan dasar dalam membaca dan menulis (literacy) serta berhitung nomerasi yang memberi manfaat sangat luas bagi masyarakat.

Banyak manfaat sosial yang dapat diperoleh dengan adanya kemampuan baca tulis dan berhitung oleh masyarakat. Dan kedua kemampuan dasar tersebut dapat dicapai berkat adanya penyelenggaraan layanan satuan pendidikan di tingkat dasar dan menengah. Manfaat pendidikan secara umum untuk generasi muda yaitu sebagai berikut:

  1. Sebagai sarana informasi serta pemahaman, untuk meningkatkan dan memberikan informasi serta pemahaman akan seluruh ilmu pengetahuan yang ada di setiap manusia.
  2. Untuk menciptakan generasi penerus bangsa yang unggul, menciptakan penerus bangsa yang ahli di berbagai bidang.
  3. Sebagai wadah untuk memperdalam suatu ilmu pengetahuan, pendidikan bisa bermanfaat bagi seorang yang ingin memperdalam suatu disiplin ilmu.
  4. Jalan untuk mendapatkan pekerjaan yang diharapkan, semakin tingginya jenjang pendidikan yang dimiliki kemungkinan untuk memperoleh pekerjaan yang diinginkan semakin besar peluangnya.
  5. Untuk membentuk pola pikir yang ilmiah, pendidikan tinggi biasanya memiliki pola pikir lebih ilmiah serta mereka akan berpikir dengan fakta-fakta yang ada dibandingkan dari sisi emosional mereka.
  6. Untuk mencegah adanya generasi yang tidak berpengetahuan, pendidikan akan dapat membantu seseorang memahami apa saja hal-hal yang baik dan benar.
  7. Menciptakan generasi muda bangsa yang cerdas, dengan melalui pendidikan dapat membuat generasi muda yang mempunyai nilai moral serta integritas yang tinggi.