Smartphone merupakan salah satu barang wajib bagi setiap orang untuk dibawa kemana – mana terutama di era modern seperti sekarang ini. Banyaknya aktivitas yang dilakukan dengan menggunakan smartphone membuat perangkat cerdas itu mudah kotor.

Smartphone yang kotor tentu akan membuat kita tidak nyaman dalam menggunakannya dan merasa minder ketika orang lain melihatnya. Untuk menghindari hal itu tentu kita harus tau cara membersihkan smartphone
yang baik.

Smartphone yang kotor dapat menjadi sumber dari mikroorganisme pathogen. Mikroorganisme ini lah yang menyebabkan kita terkena sakit. Oleh karena itu, kebersihan smartphone patut untuk diperhatikan. Selain itu, Cara membersihkan smartphone juga harus diperhatikan agar tidak menyebabkan smartphone yang kita miliki menjadi rusak. Dengan demikian diperlukan teknik khusus untuk membersihkan setiap bagian smartphone.

Bagaimana apakah Anda penasaran dengan bagian – bagian dari smartphone ini? Simaklah ulasan berikut.

5 Bagian Smartphone yang Mudah Kotor dan Cara Membersihkannya

Layar Smartphone

Bagian utama dari smartphone yang paling sering melakukan kontak secara langsung dengan kita adalah layar. Oleh karena itu, sudah tidak diragukan lagi jika bagian layar inilah yang paling mudah kotor. Kotoran itu sendiri bisa berasal dari usapan jari kita dan noda minyak wajah setelah mengangkat telepon. Untuk itu anda perlu tahu cara membersihkan layar smartphone yang berminyak.

Cara membersihkan layar smartphone yang kotor ini tidak begitu sulit. Anda cukup menggunakan kain microfiber yang memiliki tekstur halus dan lembut serta sedikit membasahinya dengan menggunakan air biasa.

Setelah itu Anda bisa langsung menguapkannya pada layar smartphone dengan cara memutar. Apabila Anda menemukan kotoran yang sedikit membandel, Anda bisa memberikan sedikit tekanan pada noda atau kotoran tersebut.

Body Smartphone

Body smartphone juga merupakan salah satu bagian yang mudah kotor. Hal ini karena body smartphone memiliki kontak langsung dengan permukaan dimana kita meletakkan dan menggunakan smartphone. Permukaan tersebut bisa jadi kotor dan berdebu.

Hal itu tanpa kita sadari membuat body smartphone terkadang memiliki noda yang sedikit membandel dan sulit untuk dihilangkan. Oleh karena itu perlu teknik khusus sebagai cara membersihkan smartphone pada bagian body ini.

Walaupun banyak noda membandel yang menempel, Anda tidak perlu khawatir karena banyak cara ampuh untuk menghilangkannya. Cara membersihkan bagian belakang smartphone atau body smartphone ini cukuplah mudah yaitu dengan mengoleskan minyak kayu putih atau hand sanitizer pada daerah yang kotor. Apabila dirasa sudah cukup bersih usapkan kain microfiber yang telah dibasahi dengan air untuk menghilangkan bekas minyak.

Setiap Bagian Lubang pada Smartphone

Tahukah Anda bagian lubang pada smartphone merupakan sarang bagi banyak debu yang mengganggu. Salah satu lubang yang cukup mudah terlihat adalah bagian kamera. Meski begitu Anda tidak perlu khawatir karena cara membersihkan debu pada lubang kamera tidaklah sulit. Anda cukup menggunakan cotton buds kering, jika debu membandel anda
cukup tambahkan sedikit air atau alkohol pada cotton buds.

Casing Tambahan Smartphone

Casing tambahan ini sangatlah berguna untuk melindungi smartphone Anda terutama bagian body dari kotoran dan benturan yang bisa menyebabkan lecet. Namun jangan sampai Anda melalaikan kebersihan dari casing tambahan karena perangkat ini juga merupakan sarang debu dan bakteri.

Cara membersihkan casing smartphone yang kusam ini bisa dengan menggunakan kain microfiber atau cotton buds dan tambahkan sedikit air untuk menghilangkan noda atau debu yang membandel.

Headset, Earphone, dan Headphone

Headset, earphone dan headphone memang tidak menjadi satu bagian dengan
smartphone. Namun bagi Anda yang gemar mendengar musik tentu tidak bisa lepas dari ketiga benda tersebut. Untuk itu Anda juga perlu menjaga kebersihannya dengan menggunakan cotton buds.

Demikianlah ulasan mengenai cara membersihkan smartphone dan bagian – bagian smartphone yang mudah kotor. Semoga artikel ini bisa menjadi reverensi dalam membersihkan smartphone Anda sehingga perangkat cerdas kesayangan Anda tetap bersih serta nyaman digunakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here