Launcher yang mengalami force closed biasanya disebabkan oleh berbagai hal. Tentu saja hal ini sangat menghambat penggunaan smartphone Anda jika mengalami masalah laucher seperti demikian. Bisa jadi jika masalah tersebut tidak Anda tangani sesegera mungkin, launcher yang force close akan mempengaruhi performa smartphone Anda.

Untuk mengatasi masalah tersebut Anda bisa mencoba berbagai cara yang terbilang mudah, mulai dari mer-estart smartphone hingga melakukan update firmware. Sebelum membawanya ke servis center Anda juga bisa memperbaiki masalah ini secara mandiri.

Banyak pengguna yang akhirnya tidak sabar ketika menghadapi masalah launcher yang force closed, kemudian tak lama membawanya ke servis center. Padahal cara untuk mengatasinya cukup sederhana. Cara paling mudah adalah dengan mengganti aplikasi tersebut dengan aplikasi lainnya. Namun jika Anda sudah terlanjur nyaman dengan aplikasi tersebut tentu tidak perlu repot mengunduh aplikasi lainnya.

Berikut ini beberapa cara mengatasi launcher yang force closed.

1. Update Firmware

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan update firmware. Cara ini bermanfaat mengurangi bug pada memori internal termasuk mengatasi launcher yang berhenti secara paksa atau force closed. Ketika melakukan proses update, secara otomatis akan terjadi perbaikan sistem yang akan membuat launcher kembali normal. Anda bisa melakukan update tersebut melalui smartphone langsung atau PC.

2. Kurangi aplikasi yang tidak diperlukan

Terlalu banyak menginstal aplikasi juga mempengaruhi peforma launcher Anda. Kapasitas RAM dan memori internal menjadi berkurang sehingga mengurangi kecepatan kinerja smartphone Anda. Launcher secara otomatis akan mengalami hang. Oleh sebab itu pastikan Anda tidak terlalu banyak menginstal aplikasi dan disarankan untuk melakukan uninstall aplikasi yang tidak diperlukan.

3. Kurangi aplikasi yang berjalan di background

Di latar belakang (background) smartphone Anda, pastikan bersih dari banyaknya notifikasi. Hal ini akan mempengaruhi peforma launcher yang terpasang. Oleh karenanya, bersihkan aplikasi yang berjalan di background. Hal ini akan meringankan beban RAM pada smartphone Android. Pastikan juga Anda rajin memeriksa background smartphone Anda, sehingga peformanya menjadi lebih cepat.

4. Restart Smartphone

Cobalah restart smartphone Anda. Secara otomatis jika smartphone di restart, akan membuat ponsel menjadi fresh kembali. Berbagai notifikasi error pun akan kembali jika anda me-restart smartphone Anda. Selain itu, cara ini juga bermanfaat mengembalikan peforma smartphone. Langkah satu ini bisa Anda lakukan sebagai langkah paling praktis untuk mengatasi launcher yang force closed.

5. Hapus cache

Terlalu banyak cache juga menyebabkan launcher force closed. Oleh sebab itu Anda wajib membersihkannya secara berkala. Anda bisa menggunakan aplikasi pembersih cache atau dengan cara manual. Misalnya dengan masuk ke pengaturan dan pilih aplikasi. Kemudian bersihkan cache pada aplikasi yang Anda kehendaki. Selain itu fungsi langkah ini akan mengembalikan performa smartphone menjadi lebih cepat.

Demikianlah beragam cara mengatasi launcher yang force closed. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here