by

Menjadi Seorang Freelancer, Membangun Penghasilan Dengan Hobby

Jasa freelancerBekerja dan atau berpenghasilan, adalah keharusan bagi setiap orang. Siapapun dan bagaimanapun keadaan kita, kegiatan yang membuat kita bergairah dan tidak hanya berdiam diri harus kita miliki.

jasa freelancer

Bekerja, bagi sebagian orang berarti bangun pagi, pasang dasi dan berangkat ke kantor. Pulang sore kadang lembur, dan mendapat gaji bulanan serta tunjangan hari raya. Namun, kerja didalam kontrak tidak selalu sesuai dengan apa yang kita inginkan.

jasa freelancer

 

Tekanan target pekerjaan, boss killer, rekan kerja yang tidak solid, kadang membuat kita jenuh dengan pekerjaan kantor. Sejatinya, Memiliki pekerjaan yang baik haruslah sesuai dengan passion yang kita punyai, skill yang kita kuasai dan identik dengan hobby kita sendiri. Namun apakah itu sulit?

Apakah Sulit Menjadi Seorang Freelancer?

jasa freelancer

Membangun pekerjaan sendiri di bidang jasa freelancer memang butuh mental yang ekstra. Jatuh bangun dan berbagai macam trial error akan sering kita jumpai. Namun akan terjawab dengan hasil yang mengasyikan saat kita sudah mulai terbiasa.

Menjadi seorang yang bergerak di jasa freelancer, telah diambil oleh sebagian orang yang jenuh dengan yang namanya kontrak kerja. Namun banyak juga yang menjadikannya sebagai sampingan dan tambahan uang belanja.

Tapi yang menjadi poin penting adalah, bukannya menyenangkan BEKERJA SESUAI HOBBY? Jika ditanya sulit atau tidak, pasti sulit pada awalnya. Yang perlu kita bangun adalah koneksi dan relasi, rekan sesama freelancer dan selalu berusaha supel dalam hal apapun.

Berhenti Salahkan Orang Lain Atas Apa yang Kita Tidak Miliki

Kadang sebagian dari kita bahkan tidak memiliki pekerjaan sama sekali. Lapangan kerja kita rasa sukar didapat, atau usia kita sudah tidak dianggap produktif lagi. Namun saya selalu melihat di setiap mall, beberapa outlet selalu menempel kertas “Dibutuhkan Karyawan”, tapi tidak pernah laku. Entah itu outlet fashion, kuliner, aksesoris, dsb.

Karena sebagian dari kita ingin memiliki pekerjaan yang dianggap wah. Contohnya bekerja di PT besar dan ternama, gaji jelas, tunjangan besar, bisa kredit ninja, bisa bergaya saat pulang kampung. Namun pernahkah kita tahu bahwa setiap harinya, satu PT besar menerima dokumen lamaran kerja lebih dari 1 mobil box? Pernahkah kita menghitung berapa banyak kertas yang dibuang sia-sia hanya untuk melamar kerja yang dari 10.000 pelamar, hanya membutuhkan 3 orang saja?

Pada akhirnya kita melakukan apa yang biasanya orang lakukan saat kehidupan tidak berpihak kepada kita. Yakni menyalahkan orang lain, entah itu pemerintah, orang tua, hingga guru sekolah. Karena kita tidak tahu harus berbuat apa, harus berfikir apa, harus bekerja apa, dan melamar dimana.

Setiap Dari Kita Punya Talenta, Gunakan Itu

Jika sampai disini Anda masih bingung untuk bekerja di bidang Jasa freelancer, mari kita ambil beberapa contoh yang semoga skill Anda ada di dalamnya.

Contoh skill untuk menjadi freelancer

  1. Edit Gambar/Photoshop
  2. Presentasi
  3. Digital Printing
  4. Gambar Ilustrasi
  5. Desain web
  6. Desain banner
  7. AutoCAD Drawing
  8. Infografis
  9. Penerjemah Bahasa
  10. Penulisan Konten dan Artikel Internet/Website
  11. Pengetikan Umum
  12. All About Visual Audio
  13. All About Website & Programing
  14. Pemasaran dan Periklanan
  15. Hingga Jasa Konsultasi
  16. Dan masih sangat banyak lagi

Bekerja Di Kamar Atau Bersama Keluarga di Rumah, Why Not?

jasa freelancer

Apakah hobby dan skill Anda ada dalam daftar diatas? Apakah ada 2 skill, 5 skill, atau hanya 1 skill? Semua laku dan banyak dibutuhkan. Apalagi jika skill Anda sudah mumpuni, kreativitas Anda meluap-luap. Maka jangan heran jika Anda bahkan akan mengeluh kebanjiran order.

Anda bisa mengatur waktu berkerja sendiri. Tidak ada boss otoriter yang mengatur kreativitas Anda.  Yang ada hanya Anda dan penghasilan dari hobby yang dikerjakan. Dunia sudah bergeser, kenapa harus keluar rumah jika Anda bisa bekerja di rumah? Yang tentunya akan banyak waktu untuk keluarga dan tidak mudah membuat Anda stress dengan kontrak yang hampir habis.

Anda Yang Menentukan Penghasilan Anda Sendiri

Jasa freelancerTIDAK ADA SKILL DI ATAS YANG SAYA KUASAI, maka itu akan menjadi jawaban untuk orang yang patah sebelum berkembang. Di era sekarang, anda bisa belajar secara otodidak dimanapun Anda mau. Video, dokumen, dan bundel tutorial apapun mudah sekali dicari tanpa harus daftar kursus untuk skill tententu. Tentunya jika Anda berani memulai.

Namun yang utama adalah niat dan tekad, serta membangun relasi dengan sesama freelancere adalah modal utama. Maka mulailah sekarang, tinggalkan mindset lama Anda. Mulailah berdiri sendiri, dan bahkan bisa bermanfaat untuk sekitar Anda nantinya. (*)

News Feed