by

Makanan Sehat untuk Bunda yang Sedang Menyusui

Makanan sehat untuk Ibu menyusui – masa menyusui adalah masa keemasan dan sangat penting sekali untuk tumbuh kembang bayi. Sehingga asupan nutrisi untuk Ibu menyusui harus jelas diperhatikan dan menjadi prioritas utama. Ada beberapa jenis makanan yang bisa menjadi sumber nutrisi dan sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh Ibu yang sedang menyusui.

Karena pada umumnya, Ibu menyusui membutuhkan lebih banyak asupan nutrisi yang mencapai hingga 500 kalori. Hal ini bertujuan untuk memastikan produk air susu mencukupi. Meski demikian, tidak semua ibu menyusui membutuhkan tambahan kalori.

Beragam makanan sehat untuk Ibu menyusui

Pilih makanan yang sehat dengan pola nutrisi yang seimbang. Hindari niat untuk menurunkan berat badan Ibu pada masa menyusui. Berikut adalah rekomendasi makanan yang baik dan makanan yang sehat untuk Ibu menyusui.

  • Salmon

Ikan salmon adalah salah satu sumber DHA yang baik untuk perkembangan sistem saraf bayi. Tingkat DHA dalam ASI tergantung dari berbagai jenis makanan yang dikonsumsi Ibu menyusui. Selain untuk perkembangan sistem saraf, DHA juga mampu mencegah depresi pasca melahirkan. Namun, batasi konsumsi salmon hingga cukup sampai 12 ons / minggu. Agar bayi terhindar dari terpapar merkuri

  • Telur

Telur yang notabene adalah sebagai salah satu sumber protein. Telur adalah pilihan mudah untuk ibu menyusui. Jika ingin menambah lemak esensial pada ASI, maka pilih telur yang difortifikasi DHA. Anda bisa mengonsumsi telur rebus atau orak arik untuk sarapan.

  • Beras coklat

Beras colat mengandung lebih banyak serat dan nutrisi, sehingga mampu membuat rasa kenyang lebih lama dari beras biasa. Beras coklat tidak akan membuat kadar gula naik drastic setelah mengkonsumsinya.

  • Susu

Perkembangan bayi akan terbantu dengan ASI yang mengandiung kalsium tinggi. Dan penghasil kalsium yang tinggi adalah susu. Selain itu, susu juga mengandung Vitamin B, protein, dan vitamin D. Cobalah untuk mengkonsumsi susu 3 kali sehari, atau bisa juga diselingi dengan mengkonsumsi yoghurt.

  • Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti brokoli dan bayam mengandung banyak vitamin A namun rendah kalori, baik sekali dijadikan makanan sehat untuk Ibu menyusui. Selain itu, sayuran hijau juga kaya akan kalsium, vitamin C, zat besi dan antioksidan yang membantu menjaga kesehatan jantung.

  • Kurma

Kurma adalah salah satu buah manis yang kaya akan kalsium, yang mampu mendongkrak produksi ASI. Kandungan serat yang baik untuk Ibu menyusui. Selain kurma, makanan sehat untuk Ibu menyusui adalah kacang almond yang menjadi sumber kalsium.

  • Jeruk

Kandungan vitamin C pada jeruk bisa menjadi sumber energy yang baik untuk Ibu menyusui. Jus jeruk yang sudah di tambahkan kalsium bisa menjadi pilihan minuman yang sangat bernutrisi untuk Ibu menyusui.

Makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh Ibu menyusui

Tentunya Ibu yang sedang menyusui seperti sedang melaksanakan ritual atau puasa yang khusus untuk tidak mengkonsumsi makanan tertentu. Konsultasi ke dokter Anak dan rutin mengecek kadar alergi Ibu menyusui sangat dianjurkan, agar tidak berimbas pada kualitas ASI yang di produksi Ibu menyusui. Berikut adalah contoh makanan yang dilarang untuk Ibu menyusui:

  1. Caffein
  2. Buah yang Asam
  3. Cokelat
  4. Minuman beralkohol
  5. Brokoli
  6. Ikan dengan merkuri tinggi
  7. Kacang-kacangan

Tentunya, Ibu harus mengerti betul mana yang menjadi pantangan dan mana yang dianjurkan. Masa menyusui adalah masa dimana perkembangan dan tumbuh kembang bayi dipertaruhkan. Momen yang tidak dapat diulang dan diralat kembali. Persiapkan diri sebaik-baiknya untuk segala kondisi menyusui. Selamat menjadi Ibu yang bijak. (*)

News Feed