by

Mengulas 5 Manfaat Digital Media Monitoring dalam Bisnis

Sejalan dengan kecanggihan teknologi, tak dapat dipungkiri jika seandainya masyarakat semakin dipermudah dalam melakukan berbagai macam pekerjaan. Bahkan untuk menjalankan sebuah bisnis sekalipun sekarang ini bisa secara tidak langsung. Yaitu cukup dengan bisnis online saja sudah bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah. Perkembangan media jadi semakin pesat dengan kehadiran internet, dijadikan sebagai sarana untuk berbisnis sampai dengan politik.

Bahkan dapat dilihat kondisi masyarakat saat ini hanya dari media monitoring, jadi tanpa perlu terjun langsung ke tengah-tengah masyarakat. Maka nantinya sudah bisa melihat kondisi masyarakat. Cukup dengan hadirnya media ini maka nantinya Anda sudah bisa mendapatkan data tentang apa saja yang ingin diketahui, hanya dengan melakukan media monitoring saja. Namun juga tak dapat dipungkiri jika seandainya kegiatan media monitoring ini juga tak dapat dilakukan sendiri, melainkan oleh ahlinya langsung.

Agar tidak salah kaprah maka penting sekali bagi Anda mengetahui apa saja sebenarnya manfaat digital media monitoring, yaitu:

  • Dapat memantau kondisi masyarakat

Tak bisa dipungkiri jika seandainya interaksi masyarakat saat ini lebih banyak dilakukan lewat internet. Apalagi sejak kehadiran sosial media dalam berbagai bentuk. Mereka mulai mengunggah sesuatu yang menarik, saling berbalas komentar dan lain sebagainya. Jadi dengan media monitoring ini maka nantinya Anda akan lebih mudah untuk mengamati beragam arus informasi yang dilakukan oleh siapa saja lewat internet.

  • Digunakan untuk memetakan kebutuhan masyarakat

Selanjutnya dengan kehadiran media monitoring ini nyatanya juga mempermudah Anda untuk memetakan apa saja kebutuhan masyarakat. Bagi yang sedang menjalankan sebuah bisnis, tentunya dapat dipakai untuk menciptakan sebuah peluang usaha baru. Misalnya dengan melihat apa yang paling banyak dibicarakan oleh masyarakat pada saat itu, maka nantinya Anda dapat membuka usaha sejenis yang memang sedang dibutuhkan. Pendapat mereka nantinya akan menggiring Anda pada kesimpulan apakah yang paling diinginkan.

  • Berguna untuk mengenali kompetitor secara lebih dalam

Selanjutnya kehadiran media monitoring ini ternyata juga mampu untuk menggali lebih banyak informasi terkait dengan kompetitor dari usaha Anda, mulai diantaranya adalah kelemahan dan kekuatan mereka, peluang sampai dengan ancaman. Patut untuk diingat bahwa memang tidak hanya Anda yang menjalankan usaha tersebut, melainkan ada banyak orang di luar sana yang juga menjalankan usaha serupa dan menjadi kompetitor.

  • Menggaet partner yang tepat

Kehadiran banyak influencer nyatanya juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk pemasaran bisnis Anda tersebut. berdasarkan atau sesuai dengan media monitoring yang sudah dilakukan, tentunya akan lebih mudah menentukan siapa partner yang paling tepat untuk bisnis Anda tersebut.

  • Menemukan pilihan media terbaik untuk menjalankan proyek Anda

Manfaat yang lainnya dengan kehadiran media monitoring ini ternyata juga akan sangat membantu untuk menemukan manakah pilihan media terbaik yang dapat dipakai dalam menjalankan proyek. Contohnya saja jika tertarik untuk berbisnis lewat sosial media, maka sosmed yang mana yang paling menguntungkan.

Sekarang ini kegiatan untuk memonitoring sebuah media bisa dilakukan secara lebih mudah, tanpa Anda sendiri harus terjun ke lapangan. Karena memang dapat dipercayakan kepada perusahaan yang sudah berpengalaman seperti diantaranya adalah Sonar Platform. Mereka termasuk perusahaan yang sudah berpengalaman cukup lama di bidang ini, bahkan kliennya sendiri juga cukup banyak. Mengenai biaya yang dipatok untuk setiap proyeknya juga terbilang bersaing.

News Feed