by

Cara Reset Epson L360 yang Benar

Seiring dengan perkembangan zaman maka banyak juga teknologi yang muncul. Salah satunya adalah printer. Alat ini sering digunakan terutama oleh pekerja kantoran, murid, guru, dan lain-lain. Fungsinya secara umum adalah mencetak dokumen dari file yang telah Anda buat di perangkat elektronik seperti computer.

Salah satu printer yang banyak ditemukan dan digunakan banyak orang adalah Epson L360. Apabila printer digunakan setiap hari dengan tugas yang banyak maka dapat menimbulkan beberapa masalah. Oleh karena itu, penting sekali untung meresetnya. Ada beberapa cara reset Epson L360. Anda dapat melakukannya secara manual atau menggunakan software.

Kedua cara ini dapat dilakukan secara offline. Berikut beberapa cara yang dapat Anda ikuti untuk mereset printer L360.

2 Cara Reset Epson L360

Sangat penting sekali mengetahui cara reset printer L360 yang benar. Masih banyak orang yang belum tahu mereset alat tersebut dengan benar. Apabila tidak dilakukan dengan benar maka dapat menimbulkan masalah baru. Ada 2 cara untuk melakukan hal tersebut. Berikut beberapa caranya.

1. Manual Reset Epson L360

  1. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah melepaskan kabel power printer sekitar 5 menit dan pasang lagi seperti semula.
  2. Kemudian Anda dapat menyalakan printer tersebut dengan menekan tombol power. Tekan tombol lanjutkan atau resume yang ada pada printer Epson L360.
  3. Setelah itu Anda dapat menahan dua tombol yang bersebelahan dengan tombol power selama 5 menit. Kemudian Anda dapat melepasnya.
  4. Anda perlu mengulangi langkah ketiga. Anda tidak perlu menekannya selama 5 menit, melainkan 3 detik saja.
  5. Kemudian Anda dapat mendiamkan printer tersebut selama beberapa menit hingga proses reset berjalan dengan normal. Jika langkah ini berhasil maka printer Anda akan kembali ke pengaturan awal dan dapat berjalan dengan normal kembali.

Sumber cara di atas adalah dari buku panduan Epson L360. Oleh karena itu, Anda tidak perlu merasa khawatir apabila terjadi kerusakan setelah mengikuti cara di atas.

Apabila Anda tidak bisa menggunakan cara yang pertama maka Anda dapat menggunakan cara kedua. Cara reset printer Epson L360 yang kedua ini menggunakan software sehingga Anda dapat terbantu dalam menyelesaikan masalah tersebut.

2. Automatic Reset Printer Epson L360

  1. Anda perlu mengunduh aplikasi bernama Resetter epson l360 yang dapat Anda temukan di Technodand.
  2. Setelah Anda mengunduh aplikasi tersebut maka ekstrak file tersebut dengan aplikasi seperti Winzip atau Winrar.
  3. Setelah file berhasil diekstrak maka Anda dapat mennginstalnya. Pastikan aplikasi tersebut terinstal dengan baik dan benar.
  4. Kemudian Anda dapat menjalankan aplikasi tersebut di laptop atau computer.
  5. Setelah Anda menjalankan aplikasi tersebut maka akan muncul beberapa pilihan. Pilihlah tipe printer Anda yaitu L360.
  6. Kemudian Anda dapat mengatur kolom “Adjust” dengan perintah yang akan digunakan.
  7. Carilah kolom “Maintenance” dan pilih “Waste Ink Pad Counter”. Kemudian klik “OK” untuk melanjutkan proses.
  8. Centanglah kolom “Main Pad Counter” pada menu “Waste Ink Pad Counter”. Setelah itu, Anda dapat klik “Check” untuk melanjutkan proses.
  9. Setelah itu, Anda dapat menunggu printer melakukan blinking.
  10. Kemudian Anda dapat memberi centang pada kolom “Main Pad Counter”. Lanjutkan dengan memilih “Initialization”.
  11. Setelah memastikan langkah sebelumnya berjalan dengan baik maka Anda dapat menonaktifkan printer setelah muncul notifikasi perintah tersebut. Diamkan selama beberapa menit lalu hidupkan kembali.

Beberapa cara reset Epson L360 di atas dapat Anda ikuti apabila printer mengalami beberapa masalah. Pastikan juga masalahnya terletak di bagian apa sehingga Anda dapat mengidentifikasinya dan menemukan solusinya.

News Feed