Demi meningkatkan pelayanan kesehatan, transformasi digital di Indonesia dalam sektor kesehatan terus digalakkan. Mengikuti komitmen Kementerian Kesehatan atas upaya transformasi, Indosat Ooredoo Hutchison turut turun tangan untuk memberikan dorongan pada faskes daerah di Lampung.
Adopsi teknologi dan juga implementasi digitalisasi yang diterapkan sudah diberlakukan pada 16 puskesmas dan satu klinik di Lampung. Harapannya, transformasi ini mencakup digitalisasi fasilitas kesehatan yang bersifat operasional. Dengan demikian, tenaga medis dan pasien dapat merasakan kemajuan digital dan peningkatan layanan.
Pentingnya Transformasi Digital Di Sektor Kesehatan
Kenapa harus sektor kesehatan? Kan masih ada sektor yang lain untuk mendapatkan dukungan teknologi dan digitalisasi? Jawabannya ada di seberapa pentingnya sektor kesehatan untuk kebutuhan masyarakat. Apalagi dengan faskes daerah yang menjadi pilihan utama atau awal untuk warga berobat.
Penggunaan teknologi yang semakin pintar dan berkembang ditujukan untuk mendukung kebutuhan operasional agar lebih efisien. Pasalnya, faskes kelas daerah kerap didominasi dengan cara manual. Cara manual ini masih memiliki kekurangan dalam hal efisiensi, pasalnya instruksinya terbatas, dan pasien harus datang ke tempat.
Transformasi digital di Indonesia memberikan solusi untuk peningkatan pelayanan dan operasional faskes. Proses administrasi, identifikasi, hingga pencarian informasi akan lebih mudah dengan bantuan akses online dan data elektronik. Data yang terkumpul juga bisa dibagi kepada pihak yang membutuhkan, termasuk dokter, pasien, rumah sakit, bahkan pusat.
Manfaat Transformasi Digital
1. Meningkatkan Kualitas Layanan Kesehatan
Peningkatan kualitas dan mutu suatu faskes menjadi salah satu tujuan dan manfaat penerapan digitalisasi atau integrasi teknologi. Sebelumnya, hampir semua proses administrasi hingga analisa pasien dilakukan secara manual. Yang mana tidak efisien, lambat, dan juga berisiko memiliki human error.
Dengan adanya Transformasi digital di Indonesia yang merata, harapannya faskes pun akan dapat bersaing dengan faskes lainnya dalam skala nasional bahkan internasional. Selain itu kualitas layanan kesehatan yang baik dapat menjamin kepuasan pelanggan. Seperti mengurangi antrian yang lama, risiko redudansi data, dan lain lain.
2. Memudahkan Akses Kesehatan
Kenyataannya, belum semua daerah di Indonesia mendapat akses yang mudah untuk ke fasilitas kesehatan. Karena itulah, integrasi digital dan transformasi digital ini dimulai dari yang bawah yakni dari tingkat klinik dan puskesmas. Dengan demikian, akses kesehatan akan lebih mudah dan baik. Terutama dengan adanya akses online untuk daftar atau konsultasi.
3. Mengerek Nilai Tambah Perekonomian
Dalam proses dan kinerjanya, faskes juga bisa memberikan nilai tambah perekonomian dalam sektor kesehatan. Terutama dengan orientasi produk dalam negeri. Kenapa? Karena teknologi yang terintegrasi dan juga pelayanan yang maksimal akan membawa lebih banyak pasien. Begitu juga dengan pemasukan dan pemerataan tenaga kerja ke daerah tersebut.
4. Otomatisasi Kinerja Administrasi
Satu lagi manfaat yang tidak bisa dihindarkan adalah otomatisasi kinerja administrasi. Dalam hal ini, AI atau artificial Intelligence dapat menjadi solusi pengerjaan proses yang berulang dan membosankan. Fitur ini juga akan mengurangi human error dan meningkatkan efisiensi kerja bahkan pengolahan data administrasi yang banyak
Macam Macam Integrasi Digital Di Faskes
Beberapa bentuk transformasi digital di Indonesia dalam sektor kesehatan dapat dilihat dalam bentuk integrasi data. Integrasi ini memberikan akses data dari tingkat klinik atau puskesmas ke pusat data atau instansi kesehatan lainnya. Sebut saja seperti sistem BPJS dan Indonesia Satu Sehat.
Program SIMPuskesmas dibantu dengan Ai dan juga beberapa digitalisasi perangkat juga bisa memberikan kesempatan untuk melakukan monitoring treatment dan evaluasi yang lebih mudah dan dari jarak jauh. Hal ini memudahkan para dokter dan pasien untuk berkomunikasi tanpa harus bertatap muka.
Di waktu yang sama, data dan informasi yang terintegrasi juga memberikan akses informasi yang lebih terpercaya. Dengan bantuan AI, program terbaru seperti deteksi penyakit, tahap, dan rekomendasi pengobatan pun bisa dikembangkan. Karena itulah, transformasi digital di Indonesia terutama di sektor kesehatan layak dikembangkan dengan maksimal.
Komitmen Indosat Dalam Transformasi Digital Di Faskes Daerah
Digitalisasi faskes menjadi satu program yang digarap oleh Indosat Ooredoo Hutchison untuk mendukung Indonesia. indosat Business bekerjasama secara strategis dalam proses implementasi dan dukungan sistem informasi Manajemen Puskesmas. Proyek ini terselenggara dalam paket layanan SIMPuskesmas, tablet device, dan connectivity Indosat.
Indosat juga percaya kalau digitalisasi faskes ini akan membantu perkembangan dan akan semakin terdorong dengan teknologi Ai (artificial intelligence). Dalam revolusi teknologi, Ai bisa menjadi fitur pintar dan lengkap untuk pengembangan layanan faskes. Seperti otomatisasi kinerja administrasi, diagnosa penyakit, hingga pengolahan data.
Melihat potensi tersebut, bisa dikatakan apa yang dilakukan Indosat Ooredoo Hutchison untuk mendukung faskes daerah adalah satu langkah awal untuk kemajuan Indonesia. Semoga langkah ini bisa menyulut api Transformasi digital di Indonesia dengan maksimal, termasuk di sektor kesehatan dan lainnya.