by

Pengertian Spooring dan Balancing Mobil

spooring mobilHai Sobat technopedia, Anda pernah membawa mobil ke bengkel untuk spooring dan balancing? Pasti pernah. Dan tentunya istilah spooring dan balancing tentu tidak asing bagi setiap pemilik mobil. Karena merupakan sebuah upacara wajib untuk memastikan kondisi kaki kendaraan dalam keadaan prima.

Pengertian Spooring dan Balancing

Sekedar mengingatkan atau memberi pengetahuan untuk yang belum paham. Spooring mobil adalah sebuah proses untuk meratakan atau meluruskan sudut empat roda mobil dan kedudukannya kembali kepada posisi awal. Atau istilahnya reset pabrik. Dan yang biasanya diluruskan kembali keposisi awal adalah roda depan.

Sedangkan balancing adalah perawatan untuk menjaga keseimbangan titik kiri, kanan, atas, dan bawah roda. Dan proses ini dilakukan setelah proses spooring usai dilakukan.

Pentingnya Spooring dan Balancing

Perangkat sistem suspensi mobil dan kesetabilan roda berperan vital dan sangat penting untuk keselamatan dan kenyamanan berkendara. Keselarasan roda dan masing-masing keseimbangan putaran roda sangat menentukan kesetabilan mobil. Seringnya pengendara tidak merasakan laju mobil agak miring meskipun berada di trek lurus.

Tentunya hal ini menjadi sangat berbahaya, baik untuk diri sendiri dan orang lain. Jika Anda merasakan hal yang tidak nyaman pada laju keseimbangan roda mobil, maka wajiblah melakukan spooring mobil.

Spooring mobil menyetel sudut-sudut geometri roda depan dan belakang mobil (chamber, chaster, toe), dan disetel dengan penyesuaian serta selaras. Dan diseimbangkan kesetabilan 4 penjuru bagian masing-masing roda dengan proses balancing. Yakni dengan menambahkan pemberat pada velg.

Ciri-Ciri dan Kondisi yang Mewajibkan Spooring dan Balancing

Lantas kapan waktu dan kondisi mobil yang mewajibkan dilakukannya proses spooring mobi? Berikut adalah tanda-tanda mobil yang menjadi alarm untuk Anda segera melakukannya:

  1. Saat berkendara, perhatikan dengan seksama setir mobil Anda. Dan amati apakah setir terlihat condong ke salah satu sisi
  2. Rasakan sensasi dari setir mobil Anda. Apakah terasa berat dan susah untuk dikendalikan, bahkan cenderung sangat berat untuk berbelok
  3. Amati ban mobil Anda, lihat apakah aus pada ban tidak merata
  4. Rasakan kesetabilan mobil. Apakah terganggu dengan getaran-getaran dan cenderung liar dan berbelok ke salah satu sisi saja
  5. Spooring mobil wajib dilakukan setelah penggantian tie rod, long tie rod, steering rack dan ban mobil
  6. Setir mobil terasa bergerak saat berkendara dikecepatan rendah atau tinggi

Jika salah satu tanda dan kondisi di atas terjadi pada mobil Anda, segera bawa mobil anda ke bengkel untuk melakukan spooring mobil. Pilihlah bengkel yang memiliki fasilitas dan peralatan canggih serta terkomputerisasi.

Biasanya, bengkel spooring mobil yang mumpuni memiliki database untuk setelan kaki mobil yang pernah di produsi. Dengan data yang lengkap, rekam jejak yang jelas dan penanganan yang maksimal, akan membuat keseimbangan mobil Anda menjadi prima.

Dan setelah balancing biasanya dilakukan finish balance. Yakni proses balancing ulang dengan kondisi ban tetap terpasang di mobil. Ban diputar pada kondisi maksimal dan tingkat presisinya dengan mudah bisa didapat.

Spooring mobil

Merawat kendaraan sama halnya dengan merawat diri sendiri, bahkan mungkin lebih butuh penanganan yang ekstra. Jadilah pemilik kendaraan yang baik agar senantiasa tercipta keselamatan, kenyamanan dan keamanan Anda dalam berkendara.

Karena dengan kendaraan yang prima, akan menunjang profesionalitas dan ketepatan waktu kita untuk menjalankan segala kegiatan dan aktivitas. Menjaga kendaraan sangat penting untuk keseharian Anda. Entah itu bekerja, hobby, atau sekedar jalan-jalan menikmati waktu libur dengan keluarga tercinta.

News Feed