by

9 Macam Sambal Favorit Indonesia, Pasti Pernah Coba Salah Satunya

Pesan Nasi Tumpeng di Menteng – salah satu tambahan wajib dari beragam kuliner Indonesia termasuk nasi tumpeng adalah sambal. Sebagian besar masyarakat Indonesia mengatakan bahwa makan tidak lengkap jika tanpa sambal.

Seperti sambal yang Anda nikmati ketika Pesan Nasi Tumpeng di Menteng¸banyak sekali ragam dan macam sambal di Indonesia. Tentunya dengan bahan dan rempah yang berbeda juga citarasa yang berbeda.

Daftar sambal favorit dibawah ini adalah sebagian kecil dari beragamnya sambal khas di seluruh wilayah Indonesia. Adakah favorit Anda disini? Simak ulasannya.

9 Macam Sambal Favorit Indonesia

9 Macam Sambal Favorit Indonesia

  1. Sambal Balado

Sambal favorit yang satu ini khas dari Minangkabau. Balado adalah tekhnik meracik dan memasak khas Minangkabau dengan mencampurkan aneka rempah dan cabai giling. Yang dimasak dengan ikan teri, terong, dendeng dan lain-lain. Kelezatannya tidak dapat dipungkiri lagi.

  1. Sambal Cumi

Protein dan vitamin tinggi yang terkandung dalam cumi, diolah dan dikemas dalam bentuk sambal. Tentunya menjadi pilihan yang mantap jika Anda bosan dengan sambal olahan lain. Sambal cumi mempunyai citarasa nikmat dan pedas. Sangat direkomendasikan untuk penikmati sambal yang bosan dengan sambal itu-itu saja

  1. Sambal Pecel

Salah satu sambal yang banyak penggemarnya termasuk saat Anda Pesan Nasi Tumpeng di Menteng. Penikmat pecel pastinya menyukai sambal ini. Sambal ini dubiat dari campuran cabai, kacang tanah dan rempah lainnya. Inovasi dari sambal pecel juga snagat beragam. Bahkan ada kemasan khusus pecel bungkus instan yang bertekstur lunak dan dibungkus rapih. Jika anda mau tinggal tambahkan air dan langsung tuang ke aneka sayuran, jadilah pecel buatan sendiri.

  1. Sambal Mangga

Irisan buah mangga yang muda dan segar, diolah dengan sambal yang menggunakan cabai pedas. Menghasilkan citarasa pedas asam manis sekaligus. Membuat Anda penasaran dengan citarasanya.

  1. Sambal Terasi

Terasi adalah bumbu masak yang difermentasi hingga berbentuk pasta atau adonan dengan aroma yang cukup menyengat. Terasi yang diolah dengan cabai merah atau rawit, menghasilkan citarasa sambal yang sesungguhnya. Sambal terasi banyak sekali peminatnya bahkan hingga ke mancanegara.

  1. Sambal Ijo

Anda pasti pernah mengunjungi restoran Padang, bukan? Sambal Ijo umum ditemui di seluruh restoran Padang. Jika sambal lain menggunakan cabai merah sebagai bahan utama, sambal khas Padang ini menggunakan cabai hijau sebagai bahan utama. Rasanya yang khas dan selalu bikin rindu. Membuat penggemarnya susah move on dari sambal ini.

  1. Sambal Matah

Sambal yang berasal dari Bali ini juga mendaji sambal popular dan disukai banyak orang. Berbeda dengan sambal pada umumnya yang dimasak dahulu. Sambal matah disajikan dengan irisan bahan segar seperti bawang merah, cabai, serai dan daun jeruklalu ditambahkan minyak kelapa serta jeruk nipis.

  1. Sambal Teri

Citarasa pedas dan gurih pada sambal teri menjadi sangat khas dan digemari. Teri yang digunakan dalam sambal ini biasanya adalah teri Medan, yang memiliki rasa lezat dan renyah. Dan dicampur dengan cabai segar yang pastinya membuatnya banyak diminati.

  1. Sambal Bawang

Campuran dari bawang merah atau bawang putih (bisa keduanya) dan cabai segar. Perpaduan yang menghasilkan citarasa yang menambah nafsu makan Anda. Sambal bawang sangat cocok di segala jenis hidangan, terutama ayam goreng atau bakar.

Pesan Nasi Tumpeng di Menteng – Sambal sudah menjadi tradisi dan budaya yang mengakar di masyarakat. Kenikmatan ragam kuliner Indonesia yang sayang untuk dilewatkan.

News Feed