by

Koleksi Museum Anak Kolong Tangga

Museum anak kolong tangga adalah sebuah Museum of Toys pertama dan satu – satunya di Indonesia. Asal mula penamaan museum ini berasal karena tempat museum ini berada tepat dibawah tangga concer hall taman budaya Yogyakarta. Museum of Toys ini dikelola oleh sebuah yayan yakni yayasan dunia damai. Yayasan ini bergerak di bidang non profit yang bergerak di bidang seni, budaya dan pendidikan alternative untuk anak – anak. Berikut koleksi museum anak kolong tangga antara lain :

Coklat kodok

Coklat kodok ini adalah sebuah patung coklat special dari chocolate monggo. Bentuknya unik menyerupai seekor kodor yang sedang duduk tegap menghadap kedepan. Di seri ini diharapkan masyarakat bisa menyukai kodok dan dibagian ini juga ada fakta – fakta menarik yang berkaitan dengan kodok.

Boneka charly

Boneka charly merupakan boneka keluaran steiff yakni sebuah pabrik boneka yang berada di jerman. Dulu boneka keluaran steif ini rata – rata terbuat dari bahan yang mahal seperti kasmir, bulu alpaca, mahair lalu beludru dan juga wol. Ini sudah tidak mengherankan jika mainan ini memiliki harga yang cukup mahal.

Double deck bus

Double deck bus ini adalah sebuah miniature bus yang sudah dibuat cukup lama. Mainan ini dibuat di China pada tahun 1920 dari bahan kaleng, sehingga tidak mudah rapuh walaupun sudah sedikit berkarat.

Alat pencetak kue

Alat pencetak kue ini juga merupakan obyek museum. Alat pencetak kue ini berasal dari tahun 80 an hingga 90 an. Rata – rata alat pencetak kue ini terbuat dari bahan kayu yang dipahat sehingga aman untuk mencetak makanan. Ada salah satu cetakan yang sampai sekarang masih dipakai, yakni sebuah cetakan kue kembang goyang.

Figurin kuno

Figurin kuno merupakan salah satu koleksi paling unik yang berada di museum anak kolong tangga. Figurin ini menyerupai sosok laki – laki yang ditemukan tepatnya 50km dari trowulan pada tahun 1968. Bentuknya memang terlihat unik dan merupakan hasil kesenian rakyat pada era majapahit. Berikut merupakan mainan koleksi yang ada di anak kolong tangga. Anda bisa berkunjung kemari bersama keluarga tercinta.

News Feed