by

Tips Penting Sebelum Memilih Sebuah Mini PC Gaming

Aloha Gamers, sudah punya Mini PC Gaming sendiri di rumah? Belum?

Jangan khawatir. Terus menabung dan bersabar. Atau sudah terkumpul cukup budget untuk membeli sebuah mini pc gaming? Simak dulu ulasan tentang hal yang yang harus diperhatikan sebelum membeli sebuah pc gaming.

Kenapa harus mini PC gaming? Utamanya karena harga yang bersaing dan ukurannya yang simple ya. Karena perkembangan mini PC belakangan ini sangat pesat, terutama untuk mini PC gaming sendiri.

Berikut adalah hal yang harus diperhatikan sebelum memilih sebuah mini PC

  1. CPU a.k.a Central Processing Unit & Motherboard

mini PC Gaming

Dua hal yang menjadi nyawa dan komponen utama dari sebuah komputer, bukan hanya PC gaming saja. Kedua sejoli ini tidak dapat dipisahkan dan harus selalu melekat erat. CPU harus selalu serangkai dan kompatible dengan motherboard. Itu menjadi syarat utama agar komputer bisa bekerja semaksimal mungkin.

Semakin canggih sebuah CPU, makan semakin tinggi kinerja yang dapat diraih. Saat ini, standar yang harus dicapai oleh CPU agar bisa menjadi sebuah PC gaming adalah Intel Core i5 6600, percayalah dibawah itu akan sangat menjengkelkan. Kemampuan Intel i5 ini mungkin bisa bertahan dalam persaingan pasar hingga beberapa tahun mendatang.

Nah, agar kompatible dengan motherboard, sandingkan CPU ini dengan socket LGA yang berstandar 1151.

  1. RAM alias Random Access Memory

mini PC Gaming

CPU gamers mungkin sudah keren, motherboard-nya juga sudah terkini. Namun semua itu akan sirna jika tidak dilengkapi dengan RAM yang memiliki kemampuan memory yang tinggi. Untuk prosesor sekelas i5 yang berpasangan dengan Motherboard H110M, maka gamers perlu menambahkan 2 batang RAM DDR4 sangat pantas untuk disandingkan dengan tipe diatas.

Dan masing-masing berkapasitas 8GB. Jangan tanggung-tanggung untuk masalah kualitas dari sebuah spesifikasi. Lebih besar lebih baik. Merek dan harga sangat beragam pastinya. Hanya pilih dan gunakan 2 batang RAM yang masing-masing berkapasita 8GB.

  1. Kartu Grafis Alias VGA Card

mini PC Gaming

Tidak hanya untuk para gamer saja, namun juga untuk para editor video, dan desainer grafis, piranti yang satu ini tidak boleh dilewatkan. Fungsi dari kartu grafis adalah mengimplementasikan script grafis kedalam monitor. Makin canggih VGA yang dimiliki, maka hasil resolusi grafisnya akan semakin detail dan halus, dan cepat. Khusus untuk gaming, komponen inilah yang biasanya cukup membuat kantong kejang-kejang.

Kartu grafis yang memiliki kualitas tinggi dapat memainkan grafis dengan resolusi 1080p, dan tetap bersaing hingga bertahun-tahun ke depan.

Nah, untuk merk VGA yang cukup hits untuk gamers jaman now adalah NVIDIA. Ada banyak tipe yang direkomendasikan. Namun jika hanya sekedar saran, gunakan tipe GTX 1070 atau GTCX 1080.

  1. SSD alias Solid State Drive

Untuk memainkan sebuah game dengan lancar jaya sentosa, perlulah menggunakan memori internal komputer yang memiliki kecepatan transfer daya yang mumpuni. Memang sih, hard drive biasa masih kompatible, namun alangkah lebih baik jika menggunakan SSD berkapasitas 500GB.

Untuk perangkat lain yang wajib juga untuk dipenuhi adalah sebagai berikut:
  • CPU Cooler
  • Power Supply
  • Kotak Casing
  • Sistem Operasi alias OS
  • Koneksi Internet

Peralatan Pendukung Terakhir

Nah, setelah semuanya dirasa cukup, terakhir adalah bakar kemenyan agar peralatan tidak gampang rusak. Terakhir adalah lengkapi peralatan gamer seperti keyboard, mouse, dan headset yang kompatible dan asyik untuk digunakan. Dan aktivitas nge-game akan terasa seperti kita tidak membutuhkan apa-apa selain game, termasuk mantan. (*)

News Feed