by

Apa Sajakah Fungsi Asuransi? Berikut Jawabannya

Kata asuransi sudah begitu sering didengar oleh masyarakat. Bahkan tidak sedikit diantaranya yang memutuskan untuk ikut asuransi atas dasar beberapa pertimbangan. Tentunya Anda juga bisa mengikuti asuransi tersebut apabila ingin melakukan manajemen risiko yang tak diinginkan sejak awal. Ada banyak sekali perusahaan asuransi terbaik di Indonesia yang bisa Anda pilih.

Jenis asuransinya pun macam-macam, jadi Anda tinggal menyesuaikannya saja dengan kebutuhan. Tapi sebelum itu, sebaiknya Anda harus tahu dulu bahwa asuransi ini bukan hanya merupakan salah satu bentuk manajemen risiko saja, tetapi juga mempunyai sejumlah fungsi lain yang beberapa diantaranya disebutkan di bawah ini.

Berbagai Fungsi Asuransi:

  1. Membagi Risiko Kerugian

Fungsi asuransi yang pertama ialah membagi risiko kerugian. Ini sangat jelas karena dengan adanya asuransi, potensi kerugian bisa dibagi kepada pihak yang lain. Maksudnya, pembayaran premi yang dilakukan oleh peserta asuransi atau yang dalam hal ini disebut juga dengan nasabah akan seimbang dengan potensi risiko yang dialihkan pada perusahaan asuransi.

  1. Asuransi Membantu Mengurangi Potensi Risiko

Hidup akan selalu berkaitan dengan risiko yang bisa saja merugikan Anda, seperti kematian, bencana alam, kecelakaan dan hal-hal lain yang sifatnya tidak menyenangkan. Dengan asuransi, potensi kerugian akibat risiko tersebut bisa dikurangi. Setiap perusahaan asuransi juga pastinya akan memberikan rekomendasi kepada calon nasabahnya, terutama berkenaan dengan risiko yang mungkin akan terjadi.

Dengan begini, calon nasabah tersebut bisa mencegah atau setidaknya meminimalisir potensi terjadinya risiko-risiko yang dimaksud.

  1. Membantu Setiap Pebisnis Agar Lebih Fokus dengan Usahanya

Bisnis apapun yang dijalankan oleh seseorang tentu mengandung risiko di dalamnya. Dan ternyata, asuransi juga mempunyai fungsi yang penting untuk bisnis tersebut. Secara singkat, asuransi pada perusahaan  akan membantu pemiliknya lebih fokus dalam hal operasional serta pengembangan bisnisnya.

Hal ini dikarenakan mereka sudah tidak perlu cemas lagi dengan potensi risiko yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu.

  1. Penghimpun Dana dan Membuat Dana Menjadi Lebih Produktif

Anda tentu sudah paham bahwasanya perusahaan asuransi akan berperan sebagai penghimpun dana yang disetorkan oleh nasabah. Dana ini nantinya akan diinvestasikan dalam berbagai bidang usaha lain sehingga menjadi lebih produktif.

Begitu pentingnya fungsi asuransi ini sehingga Anda perlu mempertimbangkan diri untuk ikut serta di dalamnya. Ada banyak perusahaan asuransi yang bisa Anda pilih, dan salah satunya ialah Generali. Nah, sebelum Anda memutuskan mau ikut perusahaan asuransi yang mana, silahkan dipikirkan dengan betul ya, supaya tidak menyesal nantinya.

News Feed