by

4 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Memandikan Bayi yang Baru Lahir

Memandikan bayi tidak bisa sembarangan dilakukan begitu saja. Apalagi jika memandikan bayi yang baru saja lahir, kulit bayi tersebut lebih sensitif dan murah iritasi. Sehingga dibutuhkan pula sabun mandi bayi antibakteri yang mampu merawat kulit bayi.

Orangtua harus memperhatikan keempat hal yang tidak boleh dilakukan ketika memandikan buah hati. Diantaranya:

  1. Hindari memandikan bayi tepat setelah meminum ASI

Bisa dibayangkan jika anda memandikan bayi setelah minum ASI apa yang akan terjadi pada pencernaan bayi? Perut bayi akan berkontraksi ketika anda menyentuh perutnya saat memandikan, hal tersebut menyebabkan perut bayi tidak nyaman dan bayi akan muntah. Setelah minum ASI biarkan bayi beristirahat terlebih dahulu.

  1. Tidak diperkenankan menggosok tubuh bayi terlalu keras

Kulit bayi yang baru lahir sangat tipis dan sensitif. Jangan menggosok tubuhnya terlalu keras apalagi menggunakan sarung tangan. Selain itu jika menggunakan sarung tangan, anda tidak bisa membersihkan tubuh bayi secara menyeluruh. Lebih baik anda menggunakan tangan kosong saat memandaikan bayi, namun perlu di ingat, cuci tangan anda terlebih dahulu dengan sabun. Dan yang perlu anda tau, sabun yang digunakan untuk memandikan bayi anda adalah sabun bayi tidak pedih dimata.

  1. Jangan terlalu sering mengoleskan baby lotion ke tubuh bayi

Baby lotion bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit bayi, namun tidak disarankan diberikan untuk bayi yang baru lahir. Bayi yang baru lahir tidak terlalu membutuhkan baby lotion tersebut, kecuali jika kulit bayi benar-benar kering dan membutuhkan pelembab kulit.

  1. Usahakan tidak terlalu sering memandikan bayi yang baru lahir

Biasanya kulit bayi yang kering disebabkan oleh pola mandi itu sendiri, jadi anda harus memperhatikan pola mandinya, jangan terlalu sering memandikan si bayi. Bayi yang baru lahir membutuhkan waktu agar tali pusarnya terputus, saat itu pula usahakan pusar bayi tidak tersentuh oleh air.

Bagaimana apakah anda masih takut untuk memandikan bayi anda? Dan masih bingung memilih sabun mandi bayi antibakteri yang aman untuk anak anda? Tenang saja anda bisa menggunakan Sleek Baby yang sudah terjamin dan terpercaya dapat membantu merawat kulit bayi.

News Feed