by

Dokter Spesialis Saraf di Depok: Mengenal Gejala Awal Kerusakan Saraf yang Tidak Boleh Disepelekan

Beragam jenis masalah kesehatan umum dialami oleh orang-orang yang sudah menginjak usia lanjut karena memang organ-organ tubuhnya sudah mengalami penurunan fungsi atau yang lebih dikenal sebagai degenerasi. Jadi tidak heran jika seandainya lansia akan jauh lebih mudah sakit-sakitan dibandingkan dengan orang-orang yang masih muda. Namun tidak dapat dipungkiri juga jika pada dasarnya penyakit juga dapat menyerang siapa saja tanpa memandang usia dan jenis kelamin, termasuk diantaranya adalah yang berhubungan dengan kondisi saraf. Anda bisa mempercayakan pengobatannya kepada dokter spesialis saraf di Depok yang terpercaya.

Penyakit saraf sendiri termasuk diantara gangguan yang terjadi pada sistem saraf yang ada di tubuh, diantaranya adalah meliputi otak, kemudian juga sumsum tulang dan juga saraf yang menghubungkan antara sistem saraf pusat hingga organ-organ tubuh yang lainnya. kondisi semacam ini pada dasarnya memang dapat dipicu oleh berbagai macam faktor, diantaranya adalah usia sampai dengan kebiasaan sehari-hari yang tidak sehat.

Tentunya mereka yang mengalami gangguan pada saraf ini harus segera menjalani pengobatan, karena jika dibiarkan secara terus menerus maka nantinya akan berakibat fatal, bahkan dalam beberapa kondisi akan menyebabkan kelumpuhan pada penderitanya, berikut ini ada beberapa gejala saraf mengalami kerusakan yang hendaknya harus diketahui, yaitu:

  1. Terasa kebas dan mati rasa di beberapa bagian tubuh, beberapa orang yang mengalami gangguan saraf khususnya adalah dengan intensitas yang ringan akan merasakan hal-hal seperti diantaranya adalah kesemutan, hingga rasa kebas, beberapa bagian tubuh tersebut memang tidak dapat mendeteksi apapun. Biasanya ada yang bersifat sementara, namun jika seandainya terjadi dalam durasi yang cukup panjang atau lama harus diwaspadai, segera konsultasikan dengan dokter.
  2. Sulit untuk bergerak, gejala yang lainnya dan sangat berhubungan dengan saraf adalah anggota tubuh tersebut sulit untuk digerakkan. Karena kerusakan yang terjadi pada saraf biasanya akan mengurangi kemampuan tubuh dalam mengalirkan darah ke bagian tersebut. Akibatnya bagian tubuh tersebut nantinya akan kaku bahkan lama kelamaan juga sulit untuk digerakkan, bahkan bisa menyebabkan terjadinya kelumpuhan.
  3. Kaki terasa sakit atau nyeri, memang kondisi yang paling sering terjadi terkait dengan masalah saraf ini ada di bagian saraf tepi, khususnya adalah kaki. Dimana penderita akan merasakan sakit secara terus menerus, kemudian akan muncul rasa panas hingga kesemutan di bagian kaki bawah. Umumnya bisa terjadi karena berbagai macam faktor, entah itu cedera ataupun yang lainnya.
  4. Kehilangan keseimbangan, gangguan yang terjadi pada saraf umumnya juga akan menyebabkan penderita kehilangan keseimbangan tubuh, karena tubuh mulai kehilangan koordinasinya dengan baik. Bahkan ini bisa menjadi gejala dari penyakit parkinson, yaitu kerusakan sel saraf yang terjadi pada bagian otak, jadi sangat berbahaya.
  5. Sering sakit kepala, jika Anda kerap kali mengalami sakit kepala yang datang secara berkala, tiba-tiba muncul namun juga bisa hilang secara tiba-tiba, maka jangan sepelekan hal tersebut, bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh accipital neuralgia, yaitu saraf pada bagian leher terjepit, jadi harus segera mendapatkan pertolongan dari dokter spesialis saraf.

Jika mulai dirasakan gejala-gejala di atas, ada baiknya segera mencari dokter spesialis saraf di Depok yang terbaik untuk pengobatan. Jangan dibiarkan terlalu lama karena bisa menyebabkan masalah yang lebih serius. Pengobatan semacam ini harus dipercayakan kepada dokter yang berpengalaman dan pastinya juga terpercaya.

News Feed