by

Tips Mengatasi Gangguan Pendengaran Pada Telinga

Telinga menjadi indera penting yang terdapat pada tubuh manusia karena fungsi utamanya yang berguna untuk mendengar. Peran ini akan sangat terasa sekali saat seseorang mengalami gangguan pada telinganya. Dimana kemampuan untuk menangkap suara yang ada disekitarnya menjadi berkurang. Hal ini tidak hanya akan menghambat saat sedang berkomunikasi dua arah dengan orang lain, namun juga menghambat dalam memperoleh informasi dari lingkungan sekitarnya.

Normalnya saat kondisi telinga sehat, maka ketika ada suara atau bunyi maka akan bisa merespon dengan baik. Namun saat pendengaran terganggu tentunya suara atau bunyi di sekitarnya menjadi terabaikan. Mengalami kurang pendengaran sebelah maupun telinga kedua-duanya tentu akan membuat siapapun tidak nyaman. Berkomunikasi dengan siapapun juga tidak bisa maksimal dalam memproses informasi atau ucapan dari lawan bicaranya.

Untuk menyikapi hal tersebut tentu perlu melakukan sesuatu untuk mengatasinya. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan saat mengalami gangguan pendengaran, yaitu:

  1. Saat pendengaran kurang baik, Anda bisa memperhatikan lawan bicara saat berbicara atau berinteraksi. Dengan memperhatikan gerakan bibir dari lawan bicara, maka komunikasi tetap bisa berjalan dengan baik antara dua arah.
  2. Menggunakan alat bantu dengar.

Alat bantu dengar bisa membantu bagi yang mengalami gangguan pendengaran. Dimana alat ini akan berperan dalam membantu penggunanya agar bisa menangkap bunyi di sekitarnya, serta membantu lebih percaya diri dalam berkomunikasi dengan orang lain. Alat bantu dengar umumnya dijual di layanan profesional kesehatan telinga, seperti Pusat Alat Bantu Dengar Melawai yang menyediakan berbagai produk alat bantu dengar yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan penderita. Harga alat bantu dengar yang diberikan juga bisa menyesuaikan dengan budget yang dimiliki. Selain itu juga memberikan pelayanan purna jual yang prima.

Mengalami gangguan pendengaran tak jarang akan menghambat segala aktivitas yang dijalani. Untuk itu, ada baiknya Anda melakukan upaya pencegahan agar tidak terjadi hal demikian. Merawat telinga dengan cara-cara yang benar serta rutin memeriksakan diri ke dokter THT bisa menjadi langkah terbaik untuk mencegah dari telinga mengalami gangguan.

News Feed