by

9 Fakta tentang Iman Usman yang Sukses Bangun Ruangguru.com

Dunia start-up atau media rintisan tengah menggeliat. Salah satunya Ruangguru.com yang bergerak di bidang pendidikan. Khususnya les privat. Tentu kehadiran start-up tersebut tidak lepas dari peran Iman Usman selaku perintis yang hingga saat ini sukses meraih banyak penghargaan. Mau tahu apa saja fakta kehidupan aset berharga bangsa Indonesia ini?

  1. Orang Tuanya Tidak Kuliah

Menjadi sosok inspiratif rupanya tidak ada kaitannya dengan status keluarga ataupun orang tua. Pemuda asal Padang, Sumbar ini bahkan hanya mengenyam pendidikan sederhana. Tidak sementereng seperti dugaan banyak orang. Berkat dedikasi, passion, serta minat besar di ranah ilmu sosial, akhirnya ia menjadi seperti sekarang.

  1. Sudah Nge-Blog Sejak Masih SD

Stereotip anak bungsu yang biasanya diidentikkan dengan anak manja tidak berlaku untuk Usman. Sejak SD, bahkan ia sudah rutin mengunggah tulisan via blog. Untuk ukuran anak SD, hobinya itu terbilang unik dan langka. Sebab, anak-anak kebanyakan lebih suka menghabiskan waktu dengan bermain dengan teman sebaya.

  1. Bikin Organisasi Nirlaba di Usia 10 Tahun

Jiwa kepemimpinan seorang Usman juga sudah terasah sejak kecil. Organisasi pertamanya ini memiliki tujuan untuk mengajar teman-teman sebayanya. Memang tidak ada rate seperti di Ruangguru.com, tapi merupakan langkah yang bagus sebagai calon pendidik hebat. Bahkan saat organisasinya berjalan, ia sama sekali tidak memungut biaya.

  1. Pecinta Buku

Kalau ini sih sudah wajar, ya. Mustahil seorang pendidik hebat bisa terus berkarya tanpa belajar. Khususnya dari buku-buku bacaan. Saking cintanya dengan buku, ia pun berinisiatif untuk membantu teman-temannya agar bisa ikut membaca. Caranya, ia mengumpulkan buku-buku yang terbeli, lalu disimpan di rak depan teras rumah.

  1. Menerima Penghargaan Bergengsi Taraf Nasional dan Internasional

Dengan banyak meraih penghargaan, sudah menjadi bukti, bahwa Iman Usman bukan sembarang pemuda. Salah satu penghargaan paling bergengsinya adalah saat meraih Mandialogo Junior Ambassador for Intercultural dari UNESCO dan DAIMLER. Ia juga pernah menerima penghargaan langsung dari Presiden RI di tahun 2008.

  1. Menjadi Siswa dan Mahasiswa Berprestasi di Tingkat Nasional

Menjadi yang terbaik di tingkat provinsi saja sudah keren. Salah satunya ia buktikan saat berhasil meraih nilai tertinggi jurusan IPS untuk Ujian Nasional. Selama jadi mahasiswa, ia juga didapuk menjadi mahasiswa berprestasi utama tingkat nasional pada tahun 2012. Apakah Anda ingin mengikuti jejak pendiri Ruangguru.com ini?

  1. Perjalanan Hidupnya Terinspirasi oleh Harry Potter

Sejak kecil, Usman sudah menjadi penggemar berat buku novel karya J.K Rowling ini. Bahkan pernah memainkan game dengan latar cerita dari novel yang sama. Di game tersebut, setiap pemain harus meningkatkan levelnya selaku murid sampai menjadi profesor. Dari game inilah Usman terinspirasi menjadi seorang pengajar yang sosialis.

  1. Ruangguru.com Telah Mempertemukan Guru-guru Terbaik

Start-up Ruanguru.com dibuat oleh Usman dengan tujuan menjadi tempat belajar terbaik untuk murid-murid tanah air. Media rintisan ini menggunakan sistem marketplace. Jadi, guru terbaik bisa mengunggah profilnya sebagai pendidik profesional. Lalu, murid yang bergabung mesti membayar sesuai dengan tarif per guru pilihan.

  1. Merampungkan Belajar di Columbia University dengan IPK 3,99

Tentu sangat membanggakan jika ada anak bangsa yang berprestasi saat menempuh pendidikan di luar negeri. Bahkan saat balik ke Tanah Air, langsung membuat gebrakan dengan bikin start-up yang solutif. Pendidikan yang ia tempuh di Columbia University tersebut demi mengejar gelar master.

Belakangan ini, stok pemuda yang membanggakan di Tanah Air terus berlanjut. Semoga dengan upaya keras dan cerdas dari Iman Usman bisa menginspirasi anak muda Indonesia. Berkat hadirnya Ruangguru.com, para siswa bisa belajar dengan lebih efektif. Tidak lagi terkekang oleh banyaknya jam pelajaran, tapi minim input pengetahuan.

News Feed