by

Inilah Hal-hal yang Menjadi Penyebab Mata Ikan dan Cara Mengatasinya

Bagi Anda yang tidak tahu apa itu makan ikan, dalam artikel kali ini akan dijelaskan secara lebih rinci apa sebenarnya mata ikan, penyebab sampai dengan cara mengobati. Mata ikan adalah salah satu kondisi penebalan kulit. Penyebab mata ikan adalah biasanya karena adanya tekanan serta gesekan yang berlebih dan terjadi berulang-ulang kali. Mata ikan biasanya memiliki ukuran yang lebih kecil apabila dibandingkan dengan kepalan.

Mata ikan memiliki bagian tengah yang sangat keras serta dikelilingi oleh kulit disekitarnya yang meradang. Penebalan yang terjadi pada kulit ini jika dibiarkan terus menerus dan tidak diobati akan menimbulkan rasa nyeri. Dan biasanya bagian tubuh yang sering mengalami mata ikan adalah kaki. Fakta menyebutkan bahwa perempuan akan lebih sering terkena penyakit mata ikan bila dibandingkan dengan pria. Hal ini dikarenakan perempuan akan lebih sering menggunakan sepatu yang tertutup dan ukuran yang juga tidak nyaman.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dipercaya mampu untuk menyebabkan munculnya mata ikan:

  • Sepatu yang tidak nyaman.

Ukuran sepatu yang terlalu sempit dan memiliki hak yang cukup tinggi akan membuat kaki menjadi lebih tertekan. Akan tetapi sepatu dengan ukuran yang terlalu longgar juga bisa menimbulkan adanya beberapa bagian kaki yang mengalami gesekan secara berulang kali di dalam sepatu. Dan hal ini dipercaya mampu menyebabkan munculnya mata ikan.

  • Penggunaan alat musik yang terlalu berlebihan

Biasanya penebalan yang terjadi pada kulit tangan bisa juga disebabkan oleh adanya gesekan kulit yang tangan yang sering terjadi dengan alat-alat musik yang secara tidak sadar kita memainkannya secara berlebihan.

  • Kaus Kaki

Tidak memakai kaus kaki atau memakai kaus kaki namun dengan ukuran yang tidak tepat juga dipercaya mampu menimbulkan adanya gesekan antara kaki dengan alas kaki. Dan hal ini yang dipercaya mampu menimbulkan mata kaki.

Selain beberapa hal di atas Anda juga perlu tahu bahwa ada beberapa penyebab lain yang mungkin secara tidak sadar sering Anda lakukan. Salah satunya adalah bagi perokok. Bagi mereka yang merokok dan biasa menggunakan pemantik api akan lebih sering muncul gesekan antara jempol dengan pemantik tersebut. Hal tersebut secara tidak sadar dipercaya juga mampu untuk menimbulkan mata kaki. Ada banyak sekali gejala yang bisa didefinisikan sebagai kulit yang terkena mata ikan.

Mata ikan akan menimbulkan kelainan yang terjadi pada kulit. Seperti contohnya yaitu adanya penebalan, pengerasan serta penonjolan yang terjadi pada telapak tangan maupun kaki. Biasanya kulit yang terkena mata ikan akan menjadi bersisik serta kering. Namun tidak sedikit juga kulit akan menjadi lebih berminyak. Mata ikan yang sudah parah juga akan menimbulkan rasa nyeri apabila ditekan. Hal ini sudah pasti sangat berbeda dengan kapalan yang tidak disertai dengan rasa nyeri.

Setelah mengetahui tentang beberapa hal yang menjadi penyebab mata ikan, mulai sekarang Anda bisa lebih berhati-hati. Karena memiliki mata ikan selain tidak nyaman dan ada rasa nyeri juga akan membuat Anda tidak percaya diri karena adanya penebalan kulit tersebut. Ada berbagai hal yang bisa Anda lakukan untuk mengobati mata ikan. Jika Anda membawanya ke dokter, dokter akan menipiskan kulit Anda yang mengalami penebalan dengan menggunakan pisau. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan rasa nyeri serta membentuk kulit ulang. Anda juga bisa menggunakan obat yang sudah banyak dijual di apotek untuk mengobati kapalan dan yang terakhir adalah operasi.

News Feed