by

Kamu Wajib Tahu,  Inilah 5 Jenis Mesin Oli yang Dibutuhkan oleh Mobil!

Sumber: grid.id

Jika berbicara soal mesin kendaraan, oli merupakan barang penting yang tidak dapat dipisahkan darinya. Terdapat banyak komponen di dalam satu set mesin yang semuanya tidak bergerak searah. Oleh karena itu, kehadiran oli mesin begitu penting agar dapat mencegah terjadinya gesekan  di setiap komponen yang lain. Selain itu, oli juga berguna untuk membantu mendinginkan mesin saat ada salah satu mesin yang panas karena bekerja terlalu lama. Sistem mesin pada mobil tentu jauh lebih kompleks dibandingkan sepeda motor.

Buat kamu yang memiliki mobil, apakah kamu sudah mengenal apa saja jenis-jenis oli yang diperlukan oleh mobil? Nah, supaya kamu dapat merawat mobil dengan baik, langsung saja simak ulasannya berikut ini.

  • Oli Gardan

Oli Gardan

Sumber: momobil.id

Gardan adalah salah satu komponen mesin pada mobil yang terletak di bawah mobil yang berguna sebagai penghubung transmisi dan propeller atau biasa disebut sebagai poros roda. Poros gardan ini juga biasa disebut kopel dalam istilah bengkel. Jadi, saat sudah memasukkan gigi transmisi, komponen ini akan melanjutkan energi yang diterima ke propeller dan roda dapat berputar. Biasanya penggantian jenis oli gardan ini dilakukan 2 sampai 3 kali setelah mengganti oli mesin. Ini penting banget dilakukan sebab fatal akibatnya kalau kopelnya tidak berpelumas. Hal ini biasanya ada tanda seperti suara mendengung ketika mesin mobil sedang dinyalakan.

  • Oli Mesin

Oli Mesin 

Sumber: grid.id

Mobil juga membutuhkan penggantian oli mesin secara rutin seperti oli motor. Penggantian oli mesin bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan lebih parah akibat mesin cepat panas ataupun gesekan pada komponen. Ini merupakan perawatan dasar yang wajib dilakukan pada mobil.

  • Oli Transmisi

Oli Transmisi 

Sumber: otosia.com

Melakukan penggantian oli transmisi penting banget buat dilakukan, khususnya buat mobil yang bertransmisi manual. Jika perpindahan gigi terasa halus dan dapat dilakukan dengan mudah. Berarti oli transmisi tidak bermasalah. Namun, kalau mulai terasa seperti tersendat, maka segera cek keadaan oli transmisi pada mobil. Karena bisa saja oli transmisi mobil kamu sedang bermasalah.

  • Oli Setir

Oli Setir 

Sumber: fastnlow.net

Masih ada sebagian jenis mobil yang masih memakai power steering yang konvensional pada bagian kemudi atau setir, khususnya pada mobil keluaran 90an. Power steering yang konvensional dan berupa pompa hidrolik biasanya dapat meringankan gerak saat di kemudi. Di bagian rangkaiannya terdapat sebuah tank oli yang harus dilakukan pengecekan secara rutin. Kalau power steering terdapat masalah biasanya akan terasa berat ketika menggerakkan kemudi.

  • Oli Rem

Oli Rem 

Sumber: liputan6.com

Kegunaan oli rem pada mesin mobil tentunya tak kalah pentingnya dari oli mobil yang sudah dijelaskan tadi. Karena bagian rem-nya saja sudah penting banget, apalagi kehadiran olinya. Kalau oli rem kotor atau habis, maka bisa mempengaruhi fungsi pengereman jadi kurang baik. Bahkan dapat mengganggu laju mobil jadi tidak terkendali saat rem bermasalah.

Itulah kelima oli mesin mobil yang sudah kamu simak di atas. Gimana, sekarang sudah tahu kan jenis-jenis oli yang penting banget untuk mobil? Kalau kamu sudah tahu, maka kamu bisa merawat mesin mobil dengan baik. Bukan cuma laki-laki saja yang wajib tahu lho, wanita yang punya mobil juga harus tahu. Karena ini demi kebaikan performa pada mobil miliknya. Baca juga 6 Tempat Wisata Romantis di Semarang yang Wajib Dikunjungi Bersama Pasangan.

News Feed