by

Panduan Dalam Memilih Tiket Kereta Api Untuk Liburan

Memang tidak semua masyarakat akan menggunakan transportasi umum sebagai jalan pintas untuk liburan. Masih banyak juga masyarakat menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju sebuah tempat sebagai salah satu tujuan liburan. Tapi bagi anda yang telah biasa menggunakan transportasi umum, pasti tidak asing lagi dengan membeli tiket kereta api dengan beberapa tips yang wajib anda coba jika ingin mendapatkan tiket kereta yang baik dan aman. Nah, dibawah ini ada beberapa tips yang baik untuk mendapatkan tiket kereta dengan mudah. Mari simak penjelasannya dibawah ini sebagai berikut.

Tiket Kereta Api Online

Tiket kereta api sebenarnya tidak susah dibeli atau dipesan tetapi tergantung dengan kecepatan anda dalam memesannya. Jika sedang dalam akhir pekan, biasanya tiket kereta api akan dengan cepat habis. Tidak semua orang membeli tiket kereta langsung pada loket pembelian tiket. Semakin berkembangnya zaman ini, maka semakin banyaknya media atau cara yang membuat para penumpang mudah untuk mendapatkan tiket kereta api tersebut, salah satunya dengan tiket kereta api online. Jika diingat – ingat lagi, dulu sangat banyaknya calo yang tersebar untuk pembelian tiket kereta api ini.

Tetapi dengan adanya pembelian tiket kereta api online ini semakin memudahkan anda untuk mendapatkannya tanpa menggunakan jasa para calo tersebut.  Oleh karena itu, sangat dimudahkan bagi anda dalam membeli atau memesan tiket kereta api ini. Tidak hanya itu saja, tiket api yang diperjualbelikan secara online juga banyak memberikan promo tiket. Dengan demikian, masyarakat lebih menyukai memesan tiket kereta api secara online jika dibandingkan membeli tiket di loket kereta api tersebut. Nah, jika anda yang masih bingung untuk membeli tiket kereta api secara online maka perhatikan dengan seksama tips membeli tiket kereta api online ini dibawah ini sebagai berikut.

Cara Pesan Tiket Kereta Api

Bagi anda yang masih bingung untuk membeli tiket kereta api, sebaiknya perhatikan cara pesan tiket kereta api dan setiap tahapannya dibawah ini sebagai berikut antara lain yaitu:

A. Buka website Mister Aladin

Langkah pertama sekali untuk anda membeli  tiket kereta api online ini dengan cara mengakses halaman website tiket kereta Mister Aladin Setelah itu, anda dapat mengklik pada kolom yang bertuliskan reservasi tiket di bagian sudut kiri atas. Nah, disaat itu pula anda menentukan tanggal bepergian anda, stasiun kereta yang akan anda naiki hingga stasiun kereta tujuan anda, dan juga pilih berapa tiket yang akan anda pilih. Bagi anak berusia dibawah 3 tahun, tiket kereta api akan digratiskan, sangat menyenangkan bukan!

B. Lihat harga

Setelah langkah awal anda lewati, maka selanjutnya anda akan di tunjukan beberapa harga sesuai dengan kelasnya. Tidak hanya itu saja, anda juga dapat melihat beberapa kursi yang masih tersedia. Jika telah yakin, anda tinggal mengklik “Booking”.

C. Konfirmasi Tiket Yang Dipesan

Setelah itu, konfirmasi tiket yang sebelumnya anda pesan akan muncul dan jika anda merasa tidak ada yang salah lagi anda tinggal mengklik bagian kotak kecil bawah untuk menyatakan bahwa anda setuju serta klik tulisan “Lanjutkan”.

D. Isi data dari penumpang

Jangan lupa untuk mengisi biodata yang telah disediakan. Biodata harus sesuai dengan kartu identitas anda seperti sim, ktp, dan paspor. Jika tidak sesuai, maka anda tidak akan diperkenankan masuk disaat pemeriksaan sebelum memasuki kereta api. Bagi anak – anak, anda dapat mencantumkan nik pada kk anda.

E. Pahami kelas yang telah dipilih

Pahami setiap kelas yang disediakan serta sub kelas yang telah anda. Karena setiap semua kelas maupun sub kelas memiliki harga yang berbeda.

F. Periksa lagi informasi untuk pembayaran

Anda akan ditawarkan dengan berbagai cara pembayaran serta informasi lainnya mengenai pesan tiket kereta api online.

G. Pembayaran dan konfirmasi tiket

Kode pembayaran yang diberikan jangan lupa dicatat agar anda dapat membayarnya serta struk tersebut jangan sampai dibuang.

H. Cetak Tiket

Pencetakan tiket dapat dilakukan sendiri di stasiun kereta anda dengan memasukan kode pembayarannya.

Tips Mendapatkan Tiket Kereta Api Murah

Ada beberapa cara mendapatkan tiket kereta api secara murah atau biasanya disebut dengan promo tiket kereta api. Dibawah ini akan menjelaskan bagaimana caranya anda mendapatkan tiket promo tersebut, yaitu:

  1. Pesan tiket dari jauh – jauh hari.
  2. Berburu tiket tersebut harus dari situs resmi KAI.
  3. Pesan tiket tersebut melalui call center ( 121 atau 021-121 ).
  4. Anda dapat menginstal aplikasi KAI access.
  5. Jangan lupa menanyakan tiket promo pada loket stasiun.
  6. Anda juga dapat mencari tiket promo tersebut pada agen perjalanan yang offline.
  7. Anda dapat memilih kelas ekonomi, biasanya kelas ini banyak sekali memberikan tiket promonya.
  8. Manfaatkan promo yang diberikan secara khusus pada PT KAI

Nah, dengan rajinnya anda memantau tiket kereta api tersebut mungkin anda akan mendapatkan harga tiket kereta api yang murah.

Cara Mengubah Atau Membatalkan Tiket Kereta Api Secara Online

Semakin berkembangnya zaman, maka semakin banyaknya yang mempermudah anda dalam berbagai aktivitas maupun hal lainnya. Sama seperti dengan membatalkan atau mengubah tiket kereta api, tidak perlu bersusah payah harus mendatangi loket stasiun kereta api tersebut. Nah, pada artikel ini akan memberikan informasi yang menarik mengenai pembatalan tiket kereta api. Yuk disimak penjelasannya:

  1. Buka aplikasi KAI access, kemudian anda pilih menu “My Trips” pada aplikasi tersebut. Lalu pilih kode bookingan anda yang ingin diubah.
  2. Pilihkan tulisan “Ubah Jadwal” pada menu E-Ticket anda yang telah lunas serta dalam jangka waktu 24 jam sebelum keberangkatan ya.
  3. Pilih nama penumpang yang akan diubah perjalannya.
  4. Klik centang pada halaman mengenai “syarat dan ketentuan”.
  5. Setelah itu pilih stasiun awal, stasiun tujuan serta tentukan tanggal untuk dapat mencari tiket kembali.
  6. Kemudian pilihlah jadwal yang baru untuk keberangkatan anda.
  7. Konfirmasi pemesanan akan masuk untuk memastikan bahwa tiket baru tersebut benar.
  8. Pilih lanjutkan untuk dapat membayar tiket yang baru tersebut.
  9. Setelah kode pembayaran di munculkan, anda tinggal membayar menggunakan metode yang telah dipilihnya.

Keuntungan Membeli Tiket Kereta Api Secara Online

Ada beberapa keuntungan yang akan anda dapatkan apabila menggunakan jasa tiket kereta api online ini. Nah, bagi yang belum tau sangat wajib deh membacanya dibawah ini antara lain sebagai berikut.

  1. Pesan bisa dimana saja dilakukan dan kapan saja dapat anda memesannya.
  2. Hemat akan tenaga yang dikeluarkan serta waktu yang anda butuhkan lebih sedikit.
  3. Banyak mendapatkan promo yang menarik pula.
  4. Menekan risiko akan kehilangan tiket yang biasa terjadi.
  5. Lebih mempermudah penumpang dalam memilih tiket.

Nah, mungkin itu saja informasi mengenai beli tiket kereta api yang lengkap dan semoga berguna bagi anda semua ya!

News Feed