by

Tips Booking Tiket Pesawat yang Harus Diketahui Pemula

Dewasa ini, pesawat memang menjadi transportasi favorit. Karena, dengan menggunakan pesawat ketika bepergian, banyak keuntungan yang didapatkan. Seperti halnya lebih cepat, hemat tanaga, tidak berdesak-desakan dan banyak tawaran promo tiket. Apalagi saat ini bisa memesan tiket pesawat secara online, sehingga bisa semakin mudah dan  menghemat tenaga. Nah, bagi Anda yang belum pernah naik pesawat, pastinya kebingungan cara booking tiket pesawat, apalagi dengan cara online. Tak perlu khawatir, karena pada ulasan kali ini akan dibahas hal tersebut beserta cara naik pesawat bagi pemula. Langsung saja simak ulasannya berikut.

Tips Mudah Memesan Tiket

Memesan tiket pesawat secara online memang lebih mudah daripada memesan secara manual. Bahkan, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk booking tiket pesawat secara online. Berikut ini salah satu caranya:

  1. Download salah satu aplikasi layanan pesan tiket online di Google Play Store. Setelah di download, langsung buka menunya dan klik Daftar. Ketika mendaftar, Anda harus mengisi identitas diri yang dilengkapi dengan nomor HP atau Email dengan benar. Jika sudah, klik secara otomatis, Anda bisa melihat menu registrasi dan isi data dengan benar.
  2. Jika sudah dalam proses daftar, selanjutnya Anda tinggal masuk ke aplikasi tersebut dan isi email dan sandinya. Setelah itu klik login dan secara otomatis akan berpindah ke menu berikutnya yaitu menu pesawat. Klik ikon tersebut dan tunggu beberapa saat hingga muncul halaman selanjutnya.
  3. Di halaman ini, ada dihadapkan dengan beberapa pilihan bandara keberangkatan. Pilih bandara keberangkatan sesuai keinginan dan jangan sampai salah tanggal keberangkatannya. Setelah itu, pilih jumlah penumpang yang berangkat dan klik lanjutkan.
  4. Di halaman ini, Anda bisa mengecek ulang data yang sudah Anda isi. Jangan sampai ada yang salah. Jika sudah benar, klik “lanjutkan” dan tunggu sebentar hingga proses booking tiket pesawat Jika sudah, Anda akan menerima pesan melalui nomor telepon atau email yang sudah Anda cantumkan untuk mentransfer harga tiket sesuai dengan pesanan.

Cara Naik Pesawat Bagi Pemula

Bagi yang sudah terbiasa, pastinya naik pesawat akan terasa mudah. Namun, bagi orang awam, pastinya kesulitan mengurus segala kebutuhannya. Belum lagi, apa saja yang harus dilakukan di bandara. Nah, pada ulasan kali ini akan dibahas mengenai cara naik pesawat bagi pemula:

  • Sebelum Keberangkatan Tiba

Ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum keberangkatan menggunakan pesawat seperti pesan tiket, lihat ketentuan bagasi maskapai, dan cari letak terminal bandara. Perhatikan hal-hal tersebut agar perjalanan menggunakan pesawat bisa menjadi nyaman dan tidak merepotkan, untuk lebih jelasnya, simak ulasannya berikut ini:

  1. Pesan Tiket Pesawat

Untuk memesan tiket pesawat online, Anda bisa memesannya langsung di website resmi maskapai tersebut. selain itu, Anda bisa memesannya melalui agen travel terpercaya. sangat disarankan untuk memesan tiket secara online, karena banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Salah satu keuntungannya yaitu lebih praktis dan tidak perlu di cetak. Karena, dengan memesan tiket secara online, Anda bisa mendapatkan e-ticket yang ada di handphone  untuk proses check in. ketika check in, jangan lupa untuk membawa KTP atau kartu identitas lainnya.

  1. Cari Tahu Ketentuan Berat Bagasi Maskapai

Bagi Anda yang pertama kali menggunakan pesawat ketika bepergian, Anda harus bisa mengetahui ketentuan berat maksimal bagasi dari maskapai yang Anda pilih. Jika berat barang bawaan Anda melebihi ketentuan, maka Anda akan dikenakan charge per-kg. agar proses check in lebih cepat dan nyaman, jangan membawa barang bawaan yang dilarang.

  1. Letak Terminal di Bandara

terlebih dahulu cari letak terminal maskapai sebelum keberangkatan. Hal ini bertujuan agar Anda tidak kebingungan mencarinya di hari keberangkatan tiba. Jika hal tersebut terjadi, maka bisa membuat Anda telat dan ketinggalan pesawat.

  • Saat Keberangkatan

Di saat Anda sudah sampai di bandara, Anda harus mengetahui cara untuk check-in dan boarding. Bagi pemula, Anda wajib untuk mengetahui cara tersebut, agar tidak salah naik pesawat. Dengan begitu, Anda bisa lebih nyaman selama perjalanan.

  1. Check-In

Ketika sudah sampai di bandara, langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu melakukan check in. untuk check in, Anda bisa melakukannya secara manual dengan register pada petugas pesawat yang tersedia di bandara. Selain itu, Anda juga bisa check in secara online melalui website resmi maskapai tersebut.

Agar tidak telat saat melakukan check in, lebih baiknya datang lebih awal 2 jam sebelum keberangkatan. Belum lagi jalanan kota yang macet. Ketika check in, persiapkan tiket serta kartu identitas  agar proses lebih cepat dan mudah.

Ketika melakukan check in, lakukan pendaftaran bagasi jika memang ada. Untuk menghindari anti ketika check in, Anda bisa melakukannya secara online.

  1. Boarding

Seperti yang telah kita ketahui, boarding merupakan waktu dimana penumpang dipersilahkan untuk memasuki pesawat. Setiap maskapai penerbangan memiliki kebijakan waktu boarding sendiri, sehingga antara satu maskapai dengan maskapai lainnya berbeda. Namun, pada umumnya batasan waktu boarding yaitu hanya 30 menit sebelum pesawat lepas landas.

Jangan sampai telat ketika waktu boarding, karena tidak di izinkan untuk memasuki pesawat jika Anda telat.  Untuk mengantisipasi hal tersebut, sebaiknya ingat boarding time yang Anda dapatkan ketika check-in.

Bagi Anda yang mendaftar bagasi, petugas check ini akan memberikan boarding pass dan potongan baggage claim. Di bagian boarding pass ini, nantinya Anda akan mendapatkan petunjuk tempat untuk menunggu masuk pesawat. Bahkan, di tempat ini  terdapat informasi mengenai boarding time, nomor penerbangan, jam keberangkatan serta nomor kursi di dalam pesawat.

Ketika waktu sudah tiba, petugas akan mengumumkan nomor penerbangan, agar Anda bisa bersiap mengantre masuk pesawat. Ketika sudah sampai di pesawat, Anda bisa meletakkan barang bawaan di atas kompartemen yang sudah tersedia disetiap tempat duduknya.

Agar tidak melakukan hal yang salah, sebaiknya ikuti instruksi yang diberikan oleh awak kabin.  Biasanya awak kabin akan menginformasikan apa saja yang dilarang dan indtruksi keamanan jika sewaktu-waktu terjadi bahaya. Jika sudah memperhatikannya, Anda bisa duduk dengan tenang hingga sampai tempat tujuan.

  1. Ketika di Bandara Tujuan

Ketika pesawat sudah mendarat, ambil tas bawaan Anda di kabin. Nah, jika Anda memiliki barang bawaan di bagasi, Anda bisa mengambilnya di tempat pengambilan bagasi yang sudah tersedia.

Sebelum meninggalkan bandara, sebaiknya jangan lupa untuk cek kembali barang bawaan. Karena saat ini banyak kasus barang bawaan yang hilang atau bahkan rusak.

Itulah tips booking tiket pesawat bagi pemula serta hal-hal yang harus dilakukan agar bisa naik pesawat dengan aman dan nyaman. bagi pemula, tak perlu khawatir, karena pada dasarnya memesan tiket pesawat dan cara naiknya sangat mudah, selama Anda mengikuti intruksi. Semoga bermanfaat.

News Feed